Rere: Ayam Berjamur


Sebenernya sih JB lagi sedih gitu. Udah lama banget di daerah sini mengalami krisis tomat bagus, atau lebih dikenal dengan sebutan Bad Tomato Weeks. Iye sebutan itu emang kite yang buat barusan. Tapi, entah kenapa memang, di daerah sini emang lagi jelek-jelek tomat merahnya. Sekalinya ada, kayak ledi gaga gapake mekup.

Tomat hijau sih tetep merajalela. Ya tapi ga enak juga sih ngesubtitusi tomat merah kinyis-kinyis ama tomat hijau kecil keras yang biasa dipake buat salsa. Tekstur dan rasanya beda, bung. Tapi, sebenernya ada juga tomat merah di supermarket, gede dan mengkilap. Tapi sayang, harganya juga menyilaukan, bung.

Mau gamau tadi siang, JB berburu tomat ke pasar, gara-gara udah gatahan kangen ama tomat. Tapi pas nyampe disana, tukang parkir udah ga ada, ibu-ibu tukang jualan udah pada balik, iye gue kesiangan. Mau gamau kita ke tukang jualan langganan kita, dia buka sampe sore, tapi harganya agak miring. Ke atas tapi.

Tomat seksi tetep nihil. Ga ada tomat sebening Zooey Deschanel, cuma ada ledi gaga. Ada juga kentang dengan bentuk kayak vin disel. Oh, ada juga gerombolan wortel yang bentuknya kayak model whatever-next-top-model dijejerin. Dan hoki! Ternyata kita nemuin jamur kancing di sini, murah pula, cuma 28rb per kilo.

Kalo di supermarket bisa sampai 50rb per kilo!
Oke walo tomat ga ada, tapi JB lagi good mushroom week. Pembaca setia pasti udah tau kalo kita suka banget dengan jamur, jadi yah pasti seneng lah nemuin jamur ini. Kayak nemuin belahan jiwa yang ilang gitu. Beneran.

Jamur sendiri enak buat dimasak dan gampang diolah. Bisa ditumis, dimasukin ke sop, di goreng krispi make tepung, diapa-apain jadinya enak. Pren banget lah si jamur ini sama bahan-bahan di dapur.

Kebetulan momen ini juga pas betul dengan si Chef John yang mosting resep yang berhubungan dengan jamur. Dia buat Mushroom Ricotta Bruschetta, yang saos jamurnya keliatannya sangat menggoda. Jadi kita modifikasi dari situ aja deh. Kebetulan juga kan kemaren baru buat kaldu ayam jadi bisa kepake deh.

Untuk temennya jamur, JB sukanya ayam. Soalnya murah. Daging lagi gila harganya berhubung entah ada kejadian apa yang kita ga tau. Dada ayam kita bisa dapet kurang lebih 3rb per ons, sementara daging untuk tumisan kurang lebih 9rb per ons. Gilak harganya.

Oh kalo udah ada ayamnya, goreng aja ayamnya terus siram saos jamurnya. Atau bisa juga masukkin ayamnya ke tumisan jamurnya. Ayam sama jamur ini emang temenan dari kecil kayaknya, diapain aja rasanya enak gitu.

Itu kelamaan masakanya, kuahnya abis. Hiks.
Oh oke. Makannya pake nasi anget gitu kayaknya menggoda. Udahan ah nulis, JB makan dulu.

*****


Ayam Berjamur

Untuk 2 Porsi

Bahan:
  • Dada Ayam 150 gr
  • Jamur Kancing 8 buah, cuci keringkan kemudian iris
  • Kaldu Ayam 1 cup
  • Bawang Bombay 1/2 buah, cincang
  • Bawang Putih 1 buah, cincang
  • Butter 30 gr
  • Minyak Sayur untuk menggoreng dan menumis
  • Garam secukupnya
  • Oregano Kering secukupnya

Saos Rendaman:
  • Kecap Asin 2 sdm
  • Tepung Maizena 1 sdm
  • Gula sedikit untuk karamelisasi

Potong daging ayam sesuai selera anda, boleh memanjang seperti yakiniku atau kubus seperti sop. Sisakan kulitnya. Kemudian rendam dengan saos rendaman selama 15 menit dalam kulkas. Setelah selesai, goreng di dalam minyak sayur hingga golden brown dengan api kecil. Tiriskan ayam, lalu saring minyak.
Panaskan 2 sdm minyak gorengan ayam kemudian goreng kulit ayam hingga garing. Singkirkan kulit ayam. Kemudian masukkan 10 gr butter ke minyak tersebut.
Masukkan jamur ke dalam campuran minyak-butter, tumis hingga melemas. Beri celah di diantara jamur, lalu tumis bawang bombay, kemudian bawang putih ketika bawang bombay layu. Masukkan ayam goreng, aduk rata. Campurkan kaldu ayam. Setelah mendidih, masukkan sisa butter. Masak hingga kekentalan yang diinginkan.
Sajikan dengan taburan seledri dan oregano.

10 Koments:

  1. wuakakakakakakkkkk sekali-sekali akika dibawain donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu kan sudah punya cewek unyu gausah dibawain akika lagi laah :3

      Delete
  2. Duh jadi laper :|
    Suka deh blognya, tentang makanan tapi diceritainnya asik! sukaaa *brb follow*

    ReplyDelete
  3. enak banget penampakannya ... boleh dicoba ya resepnya :)

    ReplyDelete
  4. mengoda sekali nich jamur nya .... kalo di ganti mushroom yg biasa kita beli di bali kayak nya makin enak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu lebih menggoda mas, bisa langsung terbang ke langit ke 7 kita :3

      Delete

Udah makan, bro?