#MalesMakan: Asun



Halo om tante, selamat bulan Februari untuk yang merayakan. Yes, itu artinya JB punya utang buat njebak orang buat berbagi resep gitu. Anyway, selama sebulan kemaren kita nyebar jebakan ke beberapa penjuru bumi loh, ga cuma tetangga aja. Dan luar biasa, kali ini JB berhasil menjebak kontributor keren gitu, dari benua hitam gitu anaknya.

Dulu bang Nuran pernah bilang, katanya ada temennya yang lumayan gila. Kelar lulus langsung kerja di Afrika. Awalnya JB kira dia bercanda, gataunya beneran, malahan gataunya dia salahsatu dari jutaan pembaca blog ini. ihik.

Sayang JB ga dapet kontributor dari pemeran film itu :(. (sumber)
Jadi namanya Aziz (Bukan aktor Who Killed Capatain Alex). Dia mau berbagi resep makanan khas Afrika gitu, namanya asu pake n, Asun -semacam barbecued goat meat. Makanan ini super pedes banget, baru liat bentuknya aja udah bikin mata pedes. Tapi kalo diliat dari fotonya, makanan ini menggoda sekali untuk diicip. Ngecicip makanannya, bukan yang lain loh. Udah daripada kamu mikir yang aneh-aneh mending langsung buat aja.

*****

Kata Aziz, asun itu adalah salah satu small chops dengan rasa gurih dan pedas yang dimakan sebagai main dish ditemani nasi. Small chops itu makanan sampingan, semacam lumpia, sosis mini, ya semacam cemilan gitu yah. Mungkin begitu. Awalnya seperti biasa, kita siapin bahan. Daging, cabe, bawang merah, bawang putih, kaldu, et cetera.

Berhubung ini foto dari luar negeri, jadi bahannya sesuain sendiri ama yang lokal ya. Cari sendiri ya.
Kemudian potong si bahan. Potong dadu gitu lah. Fyi kata Aziz di Afrika bawang merahnya gede gitu. Entahlah seberapa gede, tapi katanya segede bawang bombay. Kita sih percaya aja.

Gila bawang merahnya lebih gede dari tomat tuh. Nyam.
Yang seru resep ini pake cabe habanero. Ati-ati loh, walo bentuknya bunder-bunder kecil imut gitu, tapi katanya cabe ini adalah salahsatu yang terpedas dalam kaumnya. Di dalam skala kepedasan cabe (scoville scale), cabe ini mempunyai kepedasan 2-7 kali lebih pedes dari cabe rawit. Respect.

JB juga baru pertama kali liat loh. Kaya paprika mini yah.
Nah sekarang blender si cabenya. Ya gitu aja sih, blender. Jangan dibikin ribet deh. Oh iya, kalo ga ada habanero pepper, bisa pake cabe rawit katanya. Kenapa rawit? Karena makanan ini wajib pedes. Kata masnya.

Itu namanya blender. Kamu mesti baru pertamakali liat ya.
Oh iya, daging yang digunakan dalam masakan ini kudu mesti wajib daging kambing. Kalo ga suka kambing, mending buat sambalado sapi aja kamu deh. Supaya lebih afdol, kudu make kulitnya juga kaya di daerah asalnya.

Daging kambing ya. Jangan sapi, ato kerbau, apalagi ayam.
Nah terus rebus si daging dalam air kaldu barengan ama bawang putih potong dan garem. Katanya di Afrika sana orang-orang pada males buat kaldu, jadi mereka pada make kaldu blok, ya kalo disini sih make kaldu bubuk ato gel. Tapi emang ada yang rasa kambing?

Rebus aja gitu. Kalo kurang empuk tambah air aja lagi.
Setelah air rebusan udah nyaris abis, masukin si cabe. Unyel-unyel ampe nyampur deh. Cabenya yang nyampur ya.

Masukin cabe yang udah dihalusin tadi, jangan dicemil yah.
Terus masukin minyak, kudu pake palm oil katanya. Kalo ga ada boleh lah pake olive oil. Terus aduk aduk kayak numis gitu.

Itu minyak zaitun, kamu pake palm oil aja ya.
Terus masukin si tomat cincang. Gunakan mahluk merah ini yang berukuran sedang. Tomat ini gunanya untuk nyeimbangin rasa dan ngasi rasa seger. Tapi jangan kebanyakan juga, ntar jadinya kambing tumis tomat. Nah loh.

Merahnya sarap. Pedesnya gatau diri mesti tuh.
Tumis si daging beberapa menit sampai setengah kebakar, terus masukin si bawang merah, tapi jangan sampe layu. Bawang merah disini harus make yang seger, soalnya bakal dipake buat nemenin si daging. Kayak di sate gitu kali yah, bawangnya kriuk-kriuk.

Bawangnya kayaknya enak deh.
Warnanya merah banget yah, terus ada bawang merah seger gitu. Kebayang kalo digigit rasanya nyes sekali sodara-sodara. Tapi berhubung JB adalah pencinta makanan pedes dan bawang merah mentah, makanan ini bakal cocok banget buat lidah kita. Etapi JB suka seluruh jenis makanan sih. Ya gitu.

Aziz ini nyadarin JB kalo ternyata masak makanan enak itu gaperlu ribet. Asun itu masaknya ga ribet tetapi rasanya cukup kaya. Wong orang itu males makan, kenapa disuruh masak yang ribet-ribet, yo makin males makan toh. Oke kalo gitu untuk kedepannya kita bakal nyari temen-temen yang mau berbagi resep simpel tapi enak. Sekarang JB sudah sadar, terima kasih mas Aziz.

Oh iya, minggu depan katanya ada valentine ya. Hari-hari lope-lope gitu ya. JB sih gapercaya gituan, tapi seru aja yah kalo sampe dapet resep yang seru buat hari itu. Yaudah lah, resep apapun enak lah ya asal ngolah dan makannya bareng orang yang kita sayangin. Tsah.

Gini kan ihik banget. (sumber)
Bingung gitu ama resepnya? Tenang aja JB juga belum pernah coba. Dan sampai jumpa di #MalesMakan berikutnya dengan menu dan house chef lainnya!

*****




Asun alla Aziz

Untuk sekian porsi lah, kamu atur aja deh

Bahan:
  • Daging Kambing 500 gr, pilih yang bertulang dan berkulit, potong dadu
  • Kaldu 300 ml, atau air campur kaldu instan
  • Tomat 1 buah, potong kecil
  • Bawang Merah 20 buah, potong dadu
  • Bawang Putih 4 siung, cincang kasar
  • Cabe Rawit 15-20 buah, haluskan atau di blender
  • Palm Oil 5 sdm
  • Garam secukupnya

Rebus daging kambing dengan garam dan bawang putih dalam kaldu. Ketika daging sudah empuk dan air kaldu sudah nyaris terkuras, masukkan cabe halus kemudian unyel-unyel, lalu masukkan minyak, lagi-lagi unyel-unyel. Masukkan tomat, tumis sampai minyak berkurang dan daging setengah terbakar, kemudian lanjut masukkan bawang merah. Aduk, tapi bawang merah harus tetap segar. Sajikan dengan nasi hangat. 

*****

Aziz itu kayaknya orang Jawa, tapi sekarang domisili Lagos. Hayo dimana itu coba. Kayaknya dia itu semacam food stylist cum photographer seneng-seneng gitu. Tapi ya gitu, ya foto-fotonya sangar-sangar gitu. Selain itu dia juga sering bagi-bagi resep asik di blognya gitu. Mau coba peruntungan di Afrika juga? Bisa loh tanya-tanya @ayiswift. Gih, siapa tau kamu bisa jadi artis FTVnya Niger. xixi.

0 Koments:

Post a Comment

Udah makan, bro?