Rere: Kaldu Ayam BA!


Udah lama banget JB ga nonton tipi. Wajarlah kita kan anak kosan gitu, kayak kamu lah. Sekalinya liat tipi, liat Demba Ba ngegolin dua kali. Main perdana dan ngegolin dua kali, gilak! Sukur kau Newcastle ngejual murah striker bagus kayak gitu. Inget jaman dulu ada Drogba yang sempet jadi pahlawan pas jaman liga champion. Ya, mungkin Ba bakal jadi pahlawan, seperti Drogba. Siapa tau.

Sementara Ba beraksi di dalam lapangan, teman setimnya, Torres, justru harus mendapatkan pekerjaan memanaskan kursi di bangku cadangan. Untung ada Hillario, sang kiper senior tapi lapis ketiga Chelsea. Sang senior berhasi membuat sang penyerang tertawa-tertawa kecil sambil duduk-duduk tegang. Mungkin sesuai namanya, dia orangnya hillarious.

Babak pertama berakhir, JB mencoba mencari acara menarik lainnya. Setelah maju-mundur-maju-mundur-in saluran, kita menemukan sesuatu yang menarik. Bukan, bukan Step Up 2. Ada iklan tentang produk kaldu ayam. Sebut saja nama merk dagangnya, royco.

Katanya nyam-nyam.
Dalam iklan yang berdurasi 30 detik tersebut kita diperlihatkan perbandingan antara dua kaldu yang diperagakan oleh seorang chef yang JB ga kenal. Kemudian sang chef-yang-kami-ga-kenal tersebut bilang "kaldu royco lebih mantap kaldunya" sambil membandingkan dua mangkok isi kaldu dengan kaldu royco lebih berwarna kecokelatan.

Logikanya yah aneh aja ada benda instan kecil murah yang ngebuat makanan jadi enak. Enak murah cepet itu aneh kalo ga ada efek sampingnya. JB sih mikirnya mesti ada efek sampingnya, tapi ga kerasa langsung aja. Nah berhubung kita mikirnya agak konservatif gitu, jadi lebih seneng ngebuat yang aman aja. Kaldu biasa aja.

Sebenernya buat kaldu ini ga ribet. Dasarnya tinggal campur air ama tulang, tulang apa aja tergantung kemampuan kamu. Tulang dinosaurus juga boleh, kalo punya. Terus campurannya juga sesuai selera. Kalo Chef John sih sukanya pake holy trinity- celery onion dan carrot.

Masak ampe rasa di daging dan bahan lainnya ilang dan pindah ke airnya. Jangan lupa sisihkan minyak/lemak yang muncul. Lemak ini bisa kamu pakai untuk menumis karena lemak ini memiliki rasa daging yang direbus. Enak lah pokoknya.

JB sih males buang minyaknya, jadi begini deh atasnya.
Kaldu ini bukan bahan jadi, ini baru bahan setengah jadi. Ya gapapa si kalo kamu mau minum. Kalo kamu liat, resep Chicken Love, Ayam Giling Saos Lada Hitam, dan Chicken Patty TBS, pada make kaldu sebagai bahan saosnya kan? Soalnya kaldu ini bisa ngasih rasa gurih dan manis pada masakan kamu. Bener-bener bahan wajib lah.

Dan tadi JB baca, kaldu ini bisa jadi subtitusi buat wine kalo masak. Sadap kan?

*****



Kaldu Ayam Biasa Aja

Untuk 1 Cup ++

Bahan:
  • Tulang Dada Ayam Utuh 1 Buah
  • Bawang Bombay 1/2 buah, potong kasar
  • Air 4 Cup
  • Minyak Sayur sedikit

Panaskan minyak dalam panci, kemudian masukkan tulang ayam. Bolak-balik sebentar sampai ada karamelisasi di panci. Masukkan bawang bombay. Setelah bawang bombay layu, masukkan air. Masak dengan api besar hingga mendidih. Kemudian pindah ke api kecil. Angkat minyak/lemak yang muncul di permukaan air dengan sendok. Tunggu sampai air terkuras hingga kurang lebih satu cup, atau sekitar satu jam.
Dinginkan. Sisihkan tulang, lemak, dan bawang dengan saringan. Saring sampai benar benar tersisa air kaldu saja. Simpan di dalam wadah.

2 Koments:

Udah makan, bro?