Rere: No Bake Mushroom Farci



Apakah kamu tahu kalau jamur itu mulai dibudidayakan di Perancis pada abad ke-19? Dan baru pada akhir abad tersebut jamur mulai tersebar membelah Samudera Atlalntik menuju US? Butuh kurang lebih seabad untuk Perancis mempopulerkan jamur. Sementara kamu minta pemimpin kamu 4 tahun udah ngilangin banjir dari kota kamu? Cis, mending kamu dagang jamur aja.

Omong-omong soal jamur, ini itu salah satu bahan makanan favorit JB. Gimana ga, pas kecil, yang namanya jamur yang bentuknya kayak di tipi-tipi, jamur kancing, cuma ada di pizza, spageti, dan sup di kafe-kafe keren yang dibeliin cuma kalo dapet nilai bagus di sekolah. Inget banget tuh nama makanannya sup mutiara. Enak banget.

Tapi tenang aja, kamu dan JB bukan orang pertama yang suka makan jamur. Katanya sih dulu 4600 tahun yang lalu di Mesir jamur ini merupakan makanan para bangsawan. Rakyat jelata kayak kamu gitu sih ga boleh makan. Ga asik banget ya bangsawan jaman dulu, ga mau bagi-bagi masrum gitu.

Berapa lama ya naiknya kalo segede ini. (sumber)
Beberapa minggu yang lalu, seorang temen, Ney, ngeposting tentang makanan yang baru pertamakali JB liat. Namanya Stuffed Mushroom. Emang JB pengen buat tipe makanan itu semenjak ngeliat tomato farci (stuffed tomato) yang bentuknya aduhai mulus kayak pahanya kamu. Eh, paha Kate Upton ding.

Saking asiknya, makanan ini di US punya hari rayanya sendiri. Pada setiap tanggal 4 Februari, para pencinta jamur bakal mengkreasiin jamur dan isiannya dengan apapun, makanya disebut hari nasional jamur. Apa JB pindah ke US aja ya?

Stuffed Mushroom sih seru gitu, ya kalo makanan Itali ya mesti seru sih. Kamu campurin bahan yang kamu suka ke dalem adonan, terus akhirnya taro aja di dalem topi jamur kamu. Terus dipanggang di dalem oven. Nah masalahnya JB gapunya oven. Kamu juga ga punya kan.

Jadi JB coba versi lain. Make kukusan dengan nyoba dua versi, ga pake almunium foil dan yang make. Enakan yang make almunium foil, soalnya juicenya keperangkap di dalemnya, dan fillingnya ga berantakan.

Kayaknya kurang gitu ya kejunya.
Oh iya, kesalahan JB disini adalah potongan ayam yang terlalu gede. Potongan ayam kamu sesuaiin sama jamurnya, kalo jamurnya kecil, potongannya dikecilin. Kasian jamurnya ga muat gitu dimasukin ayamnya ntar, kasian kalo dipaksa. Eh.

Ah sial, jadi laper kan kalo nulis makanan mulu.

*****


No Bake Mushroom Farci

Untuk 6 Gigit

Bahan:
  • Jamur Kancing 6 Buah, pilih yang ukuran besar
  • Dada Ayam 70 gr
  • Bawang Bombay 1/2 buah, cincang
  • Keju Cheddar 35 gr, parut
  • Daun Bawang 2 batang, iris
  • Garam secukupnya
  • Lada Hitam secukupnya
  • Oregano Kering secukupnya
  • Minyak Sayur sedikit

Cuci bersih jamur, kemudian pisahkan batang dengan bagian topi jamur. Kemudian cincang bagian batang jamur.
Goreng ayam dengan sedikit minyak sampai agak cokelat di setiap sisi. Tidak usah terlalu matang. Tiriskan di piring. Diamkan 10 menit, simpan minyak dan cairan yang keluar dari dalam ayam. Kemudian potong dadu.
Dalam penggorengan yang sama, tumis cincangan batang jamur sampai layu. Kemudian masukkan bawang bombay, tumis sekitar sampai bawang layu. Masukkan ayam, tumis sebentar. Pindahkan ke dalam mangkok, campur keju dan daun bawang, aduk rata.
Bagi rata adonan ke dalam topi jamur. Bungkus dengan almunium foil, kemudian kukus dengan api sedang selama 25-30 menit.
Untuk finishing, buka bungkusan, lalu taburi dengan keju. Gunakan broiler atau blowtorch untuk melelehkan keju.
Sajikan dengan taburan lada hitam dan oregano.

0 Koments:

Post a Comment

Udah makan, bro?