#MalesMakan: Fish Biryani Rice



Ehem, salam minggu pagi. Seperti biasa, JB kedatangan tamu spesial lagi yang bakal berbagi resep masakan enak dan simpel. Oh iya, hari ini JB dah ga sakit lagi kayak kemaren, jadi bisa ngejelasin sendiri lagi deh. Hore.

Hari ini hari biasa sih, bukan edisi pertama, bukan edisi valentine, ato edisi penutup. Tapi, kontributor edisi kali ini gahar sangat loh. Kemaren JB harus nego-nego gitu supaya dia mau nulis, soalnya dia sibuk dinas ke luar negeri gitu. Kalo gasalah sih.

Tenang aja, bukan kok, bukan. (sumber)
Namanya Ferzya, nama panjangnya Fer-zyaaaa, ya uda gitu aja, uda mentok.

Akhirnya kemaren dia ngirimin juga foto dan resepnya. Ternyata yang dikirimin adalah masakan berbahan ikan, fish biryani rice gitu. Tau aja dia kalo JB kekurangan resep seafood, dan kita suka banget makanan laut itu. Eh, tapi JB suka semua masakan deh kayaknya. Ah bodo deh, yang penting dimasakin. Okesip.

*****

Biryani itu makanan India. Bukan makanan Amerika. Dulu makanan ini pertamakali dibuat oleh kantin kerajaan dinasti Mughal. Artinya, sekarang umurnya mungkin sudah sampai 500 tahunan. Makanan ini biasanya dibuat dengan beras basmati, beras kesayangan orang india yang bulirnya panjang-panjang dan mahal kalo kamu beli di Indonesia.

Kayak gini beras basmati. (sumber)
Tapi tenang aja, sekarang kaka Ferzya bakal ngasitau kamu cara buat biryani rice tanpa harus minder gara-gara beras kita bantat, ga slim-slim tinggi kayak beras basmati gitu. Tenang dulu yah kamu, yang penting siapin bahan-bahannya dulu.

Here comes the lineups.
Bahan utama dalam biryani rice itu nasi dengan rempah yang jumlahnya super masif dan lauk untuk merubah si nasi menjadi menu utama. Lauk yang dipake oleh kaka Ferzya adalah ikan, soalnya dia suka ikan, dan bentukannya kayak ikan gitu. Coba deh ketemu sendiri kalo gak percaya.

Ini rempah loh, buat masak gitu.
Bahan-bahan rempah yang masif itu kemudian ditumis lalu dicampurkan dengan nasi. Setelah si nasi udah mulai mateng, masukkin air. Kaka Ferzya ga menyebutkan spesifikasi nasi yang detil untuk resep ini, tandanya kita bisa pake nasi murah yang dijual di warung sebelah. Yeah.

Kemudian masukkin si air. Jangan pake air mata tapi.
Sambil menunggu si nasi, lanjut menggoreng si ikan setengah mateng. Jangan terlalu mateng, ntar kering. Jangan terlalu mentah juga, ntar rapuh. Ya gitu deh pokoknya.

Bisa pake ikan, sapi, ayam, atau udang sebenernya.
Setelah nasi udah setengah mateng, masukin si ikan tadi, dan apapun yang ingin kamu masak tapi tetap memiliki tekstur. Kalo kaka Ferzya sih bilangnya masukkin cabe ama kapulaga. Terus tunggu deh ampe kering, soalnya nasi biryani ini disajikan kering, ga kayak risotto yang creamy. Iya kan yah.

Voila!
Dan makanan ini siap disajikan. Cepat dan so easy, kata kaka Ferzya yang mencoba meniru gaya bicara dan gestur Farah Quinn. Iya sih, mereka emang mirip, sama-sama eksotis gitu kulitnya. Manteb deh.

Resep kali ini adalah resep paling simpel yang pernah JB dapet. Cuma goreng dikit, rebus dikit, jadi deh main dish. Mana lauknya ikan lagi, ya enak gitu kan seafood. Dulu JB dah pernah mau buat biryani rice juga sih, tapi gosong dan gagal gitu, plain rasanya. Fufu.

Mungkin kalo kamu pengen coba biryani rice tapi ga pernah ketemu, kamu bisa nyobain sodara seperguruannya, nasi kebuli. Katanya sih masih satu perguruan gitu, makanya rasanya masih bisa dibandingin. Kalo ga salah sih.

Ini nasi kebuli. Jangan suka ngebuli ya kamu. (sumber)
Kalo kamu dah nyoba buat, jangan lupa kabar-kabarin JB yah! Kalo kamu bingung gitu ama resepnya, bisa tanya-tanya disini. Sampai jumpa di #MalesMakan berikutnya dengan menu dan house chef berikutnya!

*****


Fish Biryani Rice alla Ferzya

Untuk 3 porsi

Bahan:
  • Beras 200cc, jangan lupa dicuci dulu!
  • Kunyit 2 sdt
  • Daun Kemangi Kering 1 sdm, atau basah 6 helai
  • Kapulaga 3 biji
  • Daun Oregano 1 sdm
  • Bubuk Kayu Manis 3 sdt, tetapi lebih baik jika masih berbentuk kayu
  • Bubuk Jahe 2 sdt
  • Bubuk Cabe Merah 1 sdm
  • Bawang Merah 4 siung, cincang
  • Bawang Putih 3 siung, hancurkan
  • Bawang Bombay 1/2 siung
  • Cabe hijau 5 buah
  • Ikan Tuna 5 potong, goreng setengah matang
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Air untuk menanak nasi (sesuai selera)

Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga wangi. Kemudian masukkan kayu manis, kunyit, daun kemangi, daun oregano, bubuk jahe, bubuk cabe merah, dan aduk hingga rata. Lanjutkan dengan memasukkan air, aduk hingga rata, kemudian masukkan beras, diamkan kira-kira 10 menit lalu aduk. Apabila beras sudah setengah matang, masukkan ikan yang sudah digoreng, kapulaga, cabe hijau dan garam, aduk hingga rata. Nasi ikan biryani siap disajikan seiring dengan nasi yang sudah matang.

*****

Ferzya itu orang Aceh tulen, tapi ada keturunan India. Sekarang dia adalah seorang bos editor di salahsatu majalah traveling digital paling keren di Indonesia. Selain itu dia juga hobi diving, main ama hiu dan benerin karang. Kalo kamu cowo yang hobinya maen game online di warnet tetangga dan ga pernah baca buku selain panduan ngegame, mending kabur aja deh. Oia, konon kabarnya mantannya ada sejuta. Muke gile.

5 Koments:

Udah makan, bro?