#MalesMakan: Huevos Rellenos de Atun



Olá—“Hello” in Portuguese! Or should I say Hola— “Hello” in Spanish. 
Tiba-tiba JB dapet email balesan dari salah satu kontributor #MalesMakan. Kaget!

Apa kabar om-tante semua? Udah pada kangen ya. Pasti lah, kan JB ngangenin gitu ya. Mesti para pembaca sekarang lagi kebingungan cari resep masakan untuk melanjutkan kehidupan di dunia yang fana ini. Sama, JB juga gitu.

Kalo edisi #MalesMakan kemarin, which is one year ago - guilty!, JB harus nego karena dia harus dinas ke luar negeri gitu, kontributor yang ini lebih gahar. Cewek ini bukan cuma dinas, tapi lagi kuliah di Eropa, dan dia traveler gahar yang hobi keliling dunia. Okesip.

Ga, ga kok, bukan penulis buku kok. (sumber)
Bhello namanya, bisa dipanjangin jadi Nabilla As'ad. Ga ada hubungan ama as'ad yang nulis buku itu. Ngakunya sih traveler di blognya, tapi gatau deh. Belum pernah diajak jalan bareng keliling eropa sih. 

Resep yang dikirim ama cewek ini super simpel, tapi mungkin jarang ditemuin di warung makan sebelah rumah kamu. Namanya Huevos Rellenos de Atun, bahan dasarnya telur dan ga ada hubungannya ama adiknya Doel. Kamu mesti ga tau, taunya telur dadar ama telur pedes doang sih.

*****

Jadi Mbak Bhello ini terinspirasi dari impulsive getaway selepas badai ujian. Dia melakukan ritual tamasya, atau yang lebih hip dikenal sebagai traveling, ke Catalunya. Disana dia baru sadar bahwa Catalunya bukan sekedar Barcelona saja. Perjalanan tersebut memberikan oleh-oleh untuk Mbak Bhello, yaitu kecintaannya pada resep asli Catalunya, salah satunya adalah resep ini.

Ini Catalan. JB udah kesini dong. Lewat internet tapi. (sumber)
Deviled egg sendiri sudah ada dari jaman romawi kuno. Tidak ada orang yang dinobatkan sebagai penemunya. Makanan ini biasa disajikan sebagai Tapas - spanish for appetizer, namun bisa dijadikan lauk makanan berat untuk perut lokal, kayak Mbak Bhello dan JB. Enak kok pake nasi. Yaksip.

Deviled egg yang kinyis-kinyis (sumber)
Kata Mbak Bhello, pemain utama dalam makanan kita kali ini adalah telur ditemani ama daging tuna dan saus tomat yang melimpah. Yay! JB suka tomat. Kamu suka? Oke. Fine. Kita beda.

Tiga bahan utama, Telur, Tuna dan Tomat.
Telurnya ga harus yang made in spanyol kok, yang diwarung sebelah juga bisa, asal dinginkan sehabis mateng, supaya gampang pisahin kuning dan putihnya. Belah dua si telur setelah dingin, terus pisahin deh.

Putih telur itu mahkotanya deviled egg. Harus mulus kayak pahanya Miyabi.
Saatnya kita buat adonan. Campurkan saus tomat - ketchup atau tomato paste bisa jadi alternatif, tuna, daun bawang, dan kuing telur yang dipisahkan dari pasangannya tadi.

Nah ini si adonan. Sedep amat yah.
Kemudian campurkan adonan. Tambahkan gula, garam, atau merica seenaknya.

Campur sampai kuningnya tercampur rata. Dicampur neng!
Kalau sudah rata, kembalikan si adonan ke dalam 'mangkok' putih telur yang dikosongkan tadi, tutup dengan keju. Kemudian panaskan di oven sampai keju leleh. Pesan dari Mbak Bhello jangan pakai Microwave, karena pengalaman dia, telunya meledak hancur bertubi-tubi. Poor egg.

Kalo bisa pake oven tradisional kayak gini nih! (sumber)
Sampe saat ini, Huevos Rellenos de Atun adalah resep paling simpel yang JB dapet. Tapi bisa lah ngenyangin perut kamu kalo kata Mbak Bhello. Bisa ga? Kalo JB sih makan 30 butir baru kenyang kali. Ya kali.

Kata Mbak Bhello, orang-orang Catalunya suka banget ama tomat, bahkan mereka makan roti dengan pasta dari tomat yang dihancurkan sebagai 'nasi'-nya! Dan JB juga suka tomat soalnya dia sumber rasa umami dari sayur! Atau buah? Yagitu deh.

Tomat itu enak. Okesip. (sumber)

Kamu kalo udah nyoba kabarin JB yah! Ada bingung dalam pembuatan resep atau pemlihan jodoh, bisa hubungin sini untuk konsultasi. Ampe jumpa di #MalesMakan berikutnya dengan menu dan house chef yang lain!

*****



Huevos Rellenos de Atun

Untuk 3 porsi

Bahan:
  • Telur Ayam 10 butir 
  • Tuna, kaleng atau tuna segar seikhlasnya 
  • Saus Tomat, ketchup atau tomato paste seikhlasnya 
  • Daun Bawang seikhlasnya 
  • Keju seikhlasnya 
  • Garam secukupnya 
  • Gula secukupnya 
  • Merica secukupnya 

Mulai dengan rebus telur ayam hingga matang. Dinginkan kemudian kupas dan belah menjadi dua bagian.
Pisahkan kuning telur dari putihnya dan pindahkan ke wadah terpisah.
Masukkan daun bawang, daging tuna, dan saus tomat ke dalam wadah kuning telur, kemudian aduk rata.
Taruh kembali campuran bahan ke atas putih telur, kemudian tutup dengan keju. Panaskan di dalam oven sampai keju leleh.
Huevos Rellenos de Atun siap dihidangkan selagi keju leleh.

*****

Bhello itu walaupun suka keliling dunia, tapi asalnya dari Jawa, tepatnya Solo. Sekarang dia lagi kuliah S2 di Portugal, dulunya kuliah di Bandung. Hobinya jalan-jalan, makan-makan dan masak-masak. Kalo status kejombloannya JB kurang tau, coba aja kamu tanya sendiri ke @bhello. Sapa tau jodoh. Ciye ciye.

2 Koments:

  1. Enak-enak semua kelihatannya..
    Jenis yang aku suka semua.

    Jika berkenan ijin meninggalkan jejak
    Box Makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silahkan mas/mba
      artikel in ikonten dari luar :3

      Delete

Udah makan, bro?