#MalesMakan: Chicken Parmigiana


Sekadar ngingetin aja, sekarang tanggal 10 Februari loh. Bentar lagi tanggal 14 loh, artinya bentar lagi hari valentine. Katanya sih itu hari kasih sayang, hari ketika orang barat nyatain kasih sayang gitu, tapi JB mikirnya itu mesti hari spesial yang dibuat-buat ama industri untuk ngebuat pasar baru. Konspirasi yahudi mesti itu. Ehem.

Walopun penuh konspirasi, tapi mesti ada diantara para pembaca JB yang juga pengen sok-sokan ngedeketin gebetan terus sekalian nembak gitu. Eh jangan deh, kata nenek pacaran itu ga baik. Eh gapapa juga ding, palingan kamu ga berani gitu ngutarain perasaan. Iya kan.

Tu kasian gebetan kamu minta diapelin tuh. (sumber)
Kalo kamu bener-bener kepengen banget nunjukin sayang ke gebetan kamu, mending kamu masakin aja. Tapi, berhubung hari ini JB lagi agak ga enak badan *uhuk-uhuk*, jadi JB bakal dibantu oleh seorang kaka cantik yang lagi kuliah di Aussie, kaka Neney. Kaka ini akan berbagi resep Italia tapi yang udah diadaptasi di Aussie, Chicken Parmigiana. Slurp. 

JB mau istirahat bentar. Mulai dari bawah kaka Neney bakal gantiin JB dulu. Jangan kangen ya kamu. Karena kita cuma nemenin sampe disini, jadi sampai jumpa di #MalesMakan berikutnya dengan menu dan house chef lainnya!

*****

Halo semuanya! Salam kenal ya.

Bulan Februari yang penuh cinta ini *ciyee* saya berkesempatan untuk ikutan nongol dan nampang di blog masnya JB. JB yang ini sih bukan Justin Bieber tapi Jicho Barabara, lucu ya namanya! Katanya sih bukan bahasa Jawa. Oke pengantar dulu sedikit sebelum meluncur lebih lanjut. Berawal dari akhir tahun 2012 masnya nawarin saya untuk ikutan jadi kontributor #MalesMakan dengan tema makanan internasional. Berhubung saya lagi lanjut studi di Aussie, jadinya terpikir apakah makanan khas Aussie? Setelah menyanggupi dan kontrak ditandatangani di awang-awang, saya mulai pusing cari menu. Bukan apa-apa sih, saya sendiri agak bingung sebenernya apa sih makanan khas Aussie?

Kemudian saya melakukan riset mini dengan bertanya sama bapak dan ibu boss yang adalah seorang chef, dan juga tanya ke gugel juga. Beliau-beliau menyebutkan sejumlah nama makanan yang “dirasa” sebagai makanan Aussie. Menurut Beliau-beliau sebenernya makanan yang Aussie banget tuh semuanya adaptasi dari wilayah lain (contohnyya Inggris, Itali, Aborigin). Hmm, ya akhirnya saya memilih chicken parma, salah satu makanan yang diklaim “Aussie” meski asal Itali. Resepnya saya peroleh dari emak boss saya, Mrs Gemmel yang asli Made in Italy.


Ini chicken pyjamas. Okesip. (sumber)
Chicken parmigiana atau di sini orang-orang menyebutnya chicken parma, kalau emak saya suka sengaja sebutnya chicken pyjamas. Oke namanya memang Italia dan memang ini asli makanan Itali. Tapi chicken parma adalah menu klasik di Australia bars sejak jaman dulu kala dan bisa dijumpai di banyak restoran maupun cafe di sini. Masakan ini biasanya dinikmati bersama beer dalam Parma Night yang sering diadakan di pub, bar, cafe, atau hotel lokal sampai sekarang. Rasanya enak dan masaknya pun mudah. Dan lagi daging ayam yang teksturnya relatif lunak ini juga lebih mudah dimakan sehingga anti selip di sela gigi di hari valentine. Yuk!

Bumbui ayam dengan garam dan merica, masukkan dalam plastik seal dan simpan di lemari es sekitar 30 menit. Selama menunggu ayam, mari kita masak saos tomat dulu. Potong dadu tomat merah dan hancurkan kasar atau bisa juga gunakan chopper tapi jangan sampai terlalu halus. Panaskan wajan dan tuang sedikit olive oil. Masukkan bawang bombay, masak hingga harum dan sedikit melunak kemudian masukan tomat, daun salam, bawang putih, pala, garam dan merica. Masak hingga tomat melunak serta saus mengental. 

Saos tomatnya aja udah menggoda banget yah.
Masukkan daging sapi cincang dan aduk hingga rata, tinggalkan dulu sausnya dan mari beralih ke fillet ayam.

Perbandingan daging cincang dengan tomat 1:2. Oke.
Gulingkan ayam ke tepung terigu kemudian masukkan ayam ke dalam telur yang sudah dikocok dengan susu cair. Kemudian gulingkan fillet ayam di atas tepung roti hingga merata, tekan-tekan hingga tepung menempel secara merata. Panaskan minyak goreng. Goreng ayam hingga kering dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. 

Gulingkan ayamnya. Gulingkan.
Lumuri ayam dengan saus tomat kemudian lapisi permukaannya dengan ham dan lembaran keju mozzarella. Panaskan oven, masukkan ayam sekitar 2-3 menit (hingga keju meleleh) -jangan terlalu lama ya nanti kejunya malah berwarna terlalu coklat seperti hasil buatan saya. Intip-intip ke dalam oven, yang penting kejunya sudah meleleh lalu segera angkat. Taburi keju parmesan di atasnya. Angkat dan sajikan dengan kentang dan sayuran.

Yoi sayuran beginian. (sumber)
Untuk sayurannya, kalian boleh berkreasi sendiri kok ingin pake apa. Mau pake frozen mixed veggies yang dijual di supermarket boleh juga sebagai cara paling praktisnya. Oh iya jangan lupa setelah mix veggies ini selesai direbus dan ditiriskan, olesi dengan butter lalu aduk hingga merata biar gurih. Nah beres deh. Happy Valentine’s day yah kamu-kamu! :D 

*****



Chicken Parmigiana feat Saute Potato alla Neney

Untuk 2 Porsi

Chicken Parmigiana:
Bahan:
  • Fillet Dada Ayam 2 buah
  • Telur 1 butir
  • Susu Cair 1 sdm
  • Tepung Terigu secukupnya
  • Tepung Roti secukupnya
  • Ham 1 lembar
  • Keju Mozzarella 1 lembar
  • Keju Parmesan secukupnya
  • Daun parsley secukupnya, cincang kasar
Saos Tomat:
  • Tomat Merah 2 buah
  • Bawang bombay 1 buah, cincang halus
  • Daging Sapi Cincang secukupnya
  • Daun Salam 1 secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Pala Bubuk secukupnya (atau pala parut)
Bumbui ayam dengan garam dan merica, masukkan dalam plastik kedap udara dan simpan di lemari es sekitar 30 menit.
Potong dadu tomat merah dan hancurkan kasar, atau gunakan chopper. Tumis bawang bombay dengan olive oli sampai sedikit melunak, kemudian masukkan tomat, daun salam, bawang putih, pala, garam dan merica. Masukkan daging sapi, aduk rata. Masak sampai daging matang.
Balur ayam dengan tepung terigu kemudian celup kedalam campuran telur dan susu cair. Kemudian balur dengan tepung roti. Goreng ayam hingga kering dan berwarna kuning keemasan.
Lumuri ayam dengan saus tomat kemudian lapisi permukaannya dengan lembaran ham dan mozzarella. Panaskan oven, masukkan ayam sekitar 2-3 menit (atau hingga keju meleleh). Taburi keju parmesan di atasnya.

Saute Potato:
  • Kentang 2 buah
  • Bawang Putih 2 siung, cincang
  • Lada Hitam secukupnya, tumbuk kasar
  • Rosemary Cincang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Olive Oil 1 sdm
Rebus kentang selama 5-6 menit atau hingga melunak. Tiriskan kentang hingga benar-benar kering (agar hasil akhirnya lebih crispy). Potong kentang menjadi 16 bagian. Panaskan wajan, masukkan olive oil kemudian masukkan potongan kentang. 1 menit kemudian, masukkan bawang putih cincang, aduk hingga rata. Bumbui dengan garam dan lada hitam. Saat kentang berubah warna menjadi kuning keemasan, masukkan rosemary cincang dan aduk hingga rata. Setelah semua sisi kentang berwarna kuning keemasan, tandanya kentang sudah siap untuk dinikmati bersama chicken parma!

*****

Neysa Valeria itu seorang mahasiswa S2 di Aussie yang dulu kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Namanya bagus ya, orangnya juga cakep loh, ati-ati ntar kamu naksir. Dia suka makan ama masak, dan dalam blognya dia udah ngereview jutaan tempat makan di Aussie, kalo ga salah. Oh iya, ga lama ini blognya baru ulang tahun loh, gih kasih selamet ke @missVals, lumayan sekalian modus kenalan. Ihik.

0 Koments:

Post a Comment

Udah makan, bro?