Ketengan: Bangka I'm In Love

Haii kenalin nih, temen JB pas masih kerja di kota yang lucu! Cari tau aja sendiri kota yang lucu dimana. Yang pasti bukan Cile.

Jadi ceritanya kemaren gue get lost di bangka gitu 4 hari. Tujuan utamanya menjemput masa depan, ketemu kedua orang tua-nya calon pendamping hidup gue, dan hadiahnya berburu makanan khas bangka dan jalan-jalan ke pantai! Inget bukan pantai Nasyem atau Gedindra yg lagi marak tahun ini.

Oke karena dulu gue pernah dikomedi, tapi bukan komedi puter, jadi nulisnya ala-ala komedi garing gak lucu ngeboom gitu. Anyway, ngeboom itu istilah standup comedian klo dipanggung ga lucu. Ciee ketauan dulu sering ngeboom, hahaha!

*****

Itu lubang bekas galian timah di atas Pulau Bangka!
Kemarin gue 4 hari jalan-jalan kebangka dan nemu hal yg unik dari kota ini, kota kaya akan timah. Asli kalo kebangka lu bakal liat banyak lubang-lubang ditanah bekas orang gali timah. Bahkan gue miris liatnya, liat kerakusan manusia-manusia, gue juga rakus sih tapi ga gitu-gitu amat.

Harusnya abis digali diambil timahnya ya dimasukin lagi pasirnya. Hutan-hutannya juga banyak yang bolong harusnya pohon-pohonan ditanemin lagi. Ini mah dibiarin rusak gitu aja. Ciyee kritik sosial!

Konon ini ilustrasi pantai di Bangka (sumber)

Kemarin pas di Bangka, gue langsung ke pantai, ke pantai deket dari rumah calon bini gue, kira-kira 15 menit lah dari rumah ke pantai. Bahkan saking deketnya rumah sama pantai, mereka itu sering nongkrong bareng, malah sering curhat-curhatan karna udah deket. Jir, materi gue dulu ini, lucu yak?

Pantainya semok gitu kalah jauh dah pantai Ancol yang harus bayar mablas rebu tapi airnya item pasirnya item kayak muka Abud, eh tapi wajar sih aer ama pasirnya item, keseringan kejemur dipantai sih, gue juga 3 hari kepantai terus juga makin item. Disini pantainya gratis tapi seksi men, pasir putih air laut jernih pokoknya pantai di Cile ke laut aja.

Sorenya gue main ke alun-alun, sebuah tempat tumbuh kembang memamah biaknya ampe fotosintesis cabe-cabean Bangka. Disini gue dengan ajaibnya dipertemukan yang di daerah kelahiran gue, Cilegon, kagak ada. Sebuah pempek panggang!

Pempek ama otak2-otaknya beda sama yang dijual didepan halte Taman Anggrek!
Harganya pas ama dompet gue yang tebel, ama bon, tapi rasanya gak murahan! Jadi pempek panggang adalah pempek yg dipanggang diatas Bara Likumahua, eh sori tadi Abud lewat, bara api maksud gue. Setelah dipanggang , mahluk ini dibelah jadi dua dan tengahnya dimasukin bumbu dan cabe.

Menurut gue puncak keasikannya pempek ini terletak dibumbu yang dimasukin ditengah-tengahnya. Ga tau isinya apa, mungkin micin ato ekstrak cabe-cabean, tapi kalo sekalinya cobain ini pasti bakal ketagihan!

Abis puas ama si pempek, gue langsung nyobain otak-otak khas Bangka. Tapi, gue saranin pilih otak-otak yang dibuat sama orang Tionghoa, soalnya menurut gue beda rasanya sama yang dibuat orang Melayu. Soalnya setelah gue melakukan penelitian eksperimentil atas perbedaan otak-otak yang dibuat oleh kedua klan, gue menetapkan bahwa sambel tauconya mamang Tionghoa asli enak parah. Iya, parah beut.

Esok harinya gue main ke Pantai Pasir Padi, bukan pasir yang kalo diinjek keluar Piyu main gitar tapi. Pokoknya pantai ini asoy banget dan pantainya itu lagi surut jauh banget! Bahkan motor aja pada bisa jalan sampe tengah. Oh dan pastinya seperti pantai bangka lainnya airnya jernih, pasirnya putih.

Penampakan lempah kuning yg rasanya asem-asem pedes.
Disini kami nyobain kuliner khas Bangka yaitu udang lempah kuning. Ini asli enak banget kuahnya! Udangnya juga asli masih seger! Cumi bakarnya jg yg masih bau laut! Aduh maap di Cile seafoodnya bau tanah soalnya.

Seger banget udang lempah kuning ini. Kuahnya asem-asem pedes gitu cocok banget ditemenenin minum air kelapa sambil nikmatin angin pantai sepoi-sepoi ngebuat suasana hati jadi adem, apalagi kalo bareng calon bini. Pokoknya kalah restoran seafood Jakarta yang harganya selangit.

Disini harga seafood murah, tapi malah ayam yang mahal. Ikan gampang banget dicari, bahkan saking banyaknya mungkin KFC disini jualnya ikan bukan ayam! Namanya juga tetep KFC, tapi jadi Kalifornia Fish Chicken. Booooooooommm!

Oke sekian dulu deh, materi gue udah abis. Calon bini gue juga udah minta ditemenin minta liat sunset bareng. Nanti ketemu lagi bareng gue dijalan-jalan selanjutnya!

*****

Taufik Rahman (@taura_man) itu sebenernya lulusan IT tapi pernah jadi penyiar. Ngakunya dulu anak standup comedian, tapi rumornya dipecat penonton gara-gara keseringan ngebom. Konon kabarnya dia akan mencoba comeback tapi sebagai duo comedian bersama Abud si anak ngebut di kota kelahirannya, Cile. Oh dia udah punya pacar. Iya, kasian yak pacarnya.

4 Koments:

  1. Bangka memang memberikan keindahan yang berbeda dan luar biasa. Kota Laskar Pelangi ini juga menyajikan keindahan lautnya... Memang keren broo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga shock pas liat foto-foto dari temen. Eugh.

      Delete
  2. aku pingin ke Bangka lagi, kampungnya keluarga Mama. ihiiiiy

    ReplyDelete

Udah makan, bro?