The Fashion Blogger

Entah sudah berapa kali saya mendengarkan nama Clara Devi disebut-sebut, entah dari teman saya, suara orang bergosip di foodcourt di mall, atau bahkan universe sendiri yang menyebut namanya... Tapi emang tenar kok dia. Clara Devi adalah salah satu orang yang konsisten merawat blognya yang bergerak di bidang fashion, makanya dia dikenal dengan Clara 'Ratu Fashion Vintage' Devi (....yang percaya dodol).
 

Ahh.. Sebenernya apa sih itu fashion blog?


"Fashion blogs are blogs that cover the fashion industry, clothing, and personal style"

Fashion blog itu isinya bisa dari mulai pakaian dan asesoris, tren di berbagai pasar apparel, trend fashion di kalangan selebritas, sampai fashion jalanan. Bisa dari fashion kalangan proletar sampai kaum bangsawan. Mulai dari indie designer sampai designer handal.


Hebatnya nih ya, kebanyakan fashion blog tuh bisa jadi shopping blog, soalnya mereka kebanyakan ngasi saran ke kita buat memilih fashion yang tepat, toh akhir-akhirnya nyaranin kita buat shopping, lagi.


Kalo blog yang cuma kadang-kadang nih posting tentang fashion-nya, dia sebenernya bukan fashion blogger. Tapi terkadang dia diberi label fashion ama blogger yang lain.


Memang kedengarannya sangat mahal sekali ya tipe blogger ini. Ga beda jauh ama travel blogger lah, sama-sama terlihat costly. Tapi tenang sadja, kalo di traveling ada gaya travel backpaker yang dikenal amat sangat muyah dan prihatin, maka di sini juga ada budget fashionista! Silahkan googling blognya Kathryn Finney dengan kata kunci budget fashion.


Kalo pengen juga jadi fashion blogger tapi financial advisor udah teriak jangan, dan udah baca blognya mbak finney tapi masih kurang mampu, tenang aja! Oom yang ganteng ini bakal kasi tips!

  1. Tak usah pakai baju trend masa kini, tenang sadja! Yang penting pake baju yang manusiawi. Inget manusiawi! Bukan baju kekurangan bahan atau baju bolong-bolong!
  2. Siapkan mental baja dan sorang teman yang ngesoul-ngeklick-ngechemistry ama kamu dan JUGA bermental baja. Kalo gak, anda akan ditinggal pergi teman anda karena rasa kasihan kepada anda.
  3. Cari kamera. Usahakan JANGAN DSLR, apalagi Medium Format! Poket aja biar gampang diselipin di tas! Kalo ga ada ya pake kamera hape, gapapa jelek potonya, yang penting nampang!
  4. Panaskan kendaraan anda, siapkan matel hujan kalo mendung. Dan jangan lupa berdoa supaya SELAMAT. Kalo perlu ijin ke ibu dan bapak, kalo ngekos ke ibu kos aja.
  5. Motor sudah panas. Saatnya menuju TKP. Menyetirlah dengan hati-hati, jangan baca tulisan ini sambil nyetir!
  6. TKP-nya adalah mol terdekat! Kalo ga ada ya butik ato apalah, yang penting bukan toko elektronik!
  7. Cari toko pakaian atau fashion yang memiliki ruang ganti berukuran ekstra yang muat untuk 10 orang! Atau lebih! Saran saya di Centro.
  8. Sebelum masuk ke toko, berdoalah lagi biar SELAMAT, ga diusir satpam gara-gara berbuat yang enggak-enggak. Kalo diusir gara-gara baju anda, kembali ke poin 1.
  9. Masuk ke toko. Masuk dan berjalanlah layaknya ingin membeli. Jangan gemetaran apalagi kencing di celana.
  10. Pilihlah pakaian yang ingin anda mix untuk fashion shot anda, tenang aja disana ada sejuta pakaian dan banyak ruang ganti kok. Anda bisa mecoba pakaian seharga 2jt dengan gratis kok!
  11. Udah masuk ke TKP, saatnya fashion-shot! Jangan lupa matikan suara dan lampu flash kamera!
  12. Saran saya, putari semua tempat, tandai target. Kalo udah ketemu baru bawa ke TKP. Jangan terlalu sering keluar-masuk ruang ganti, ntar dicurigai berbuat yang enggak-enggak.
  13. Kalo udah puas gonta-ganti. Saatnya siapkan exit strategy! Yang paling noble adalah beli semua baju yang tadi, kalo ga kuat ya beli aja item yang murah kayak sweater 50rb-an. Atau pake yang paling standar, "Aduh mbak, maaf ukurannya cocok, tapi sayang lengannya kepanjangan".
  14. Pulang! Jangan lupa bersyukur dan memposting blog!
  15. Kembali ke poin 1 kalo kebelet posting blog lagi. Tapi, jangan terlalu sering ke tempat yang sama, tar ketauan! Usahain pindah-pindah TKP-nya!
Voila, ini contoh hasil eksperimennya-
----------------------------------------------------------------------------

Tenang aja, posting ini bukan artinya saya hijrah ke blog fashion mentang-mentang ibu saya designer. Ini gara gara saya sering banget temen saya yang bilang "Eh, tau Clara Devi ga?". Jadi saya pingin ngemeng soal ini.

P.s. yang percaya tipsnya dodol. Tapi jangan lupa follow-up kalo dah ngikutin tipsnya!

Link:
http://en.wikipedia.com/wiki/fashion_blog
http://www.thebudgetfashionista.com
http://sunflaresplethora.blogspot.com

3 Koments:

  1. Ciye wana penggemarnya depoy Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡

    ReplyDelete
  2. Halo Om, thankyou udah mention nama saya, pasti capek ya ditanyain kaya gitu - jogja doang kok, namanya juga kota kecil.. Hehe.

    Btw... Tipsnya oke juga buat dicoba :))

    ReplyDelete
  3. @claradevi:
    halo tante,thankyou udah berkunjung..
    hooh, dunia itu kecil, jadi ketemunya itu-itu aja :D

    tenang aja, dijamin kok tipsnya
    saia dan teman saia sudah mencoba berkali-kali
    wadjar, orang susah xD

    ReplyDelete

Udah makan, bro?