KKN kreatif untuk anak kreatif!

Sekedar mengingatkan, jika kalian mencari tulisan pengalan tentang KKN, liat aja post lama dari saia atau post anak-anak UGM yang udah pernah KKN sebelumnya. Pada post kali ini saia cuma mau membantu anak-anak yang ngakunya kreatif untuk mencari Program Pokok mereka yang kalo kata anak jakarte, 'Gue Banget'.. Oia, khususnya buat anak KKN UGM angkatan 2008 ya, soalnya bentar lg mereka KKN dan biasanya lagi dipusingin ama ini.

Apapun tema besar KKN kalian, jangan sampai kalian dipusingkan dengan Program Pokok yang harus kalian ambil. Jangan sampai kalian telat menyadari apa yang mau kalian ambil, karena Program Pokok ini bisa diganti laporannya seiring bergantinya hari ketika kalian KKN. Pengalaman saia dulu cukup buruk, dulu saia baru menyadari hal ini ketika sudah hampir selesai KKN, jadi otomatis saia melakukan hal yang juga dilakukan oleh akuntan busuk, manipulasi laporan.

Beruntunglah untuk anak akuntansi, seluruh laporan ketika KKN adalah seperti membuat laporan keuangan, jadi, ini bukanlah hal yang sulit untuk kalian! Yang harus diingat: Jurnal-lah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan Program Pokok setiap hari!

Walaupun tema besar KKN dari tahun-ke tahun adalah tetap sama, Sustainable Development, tapi tema dari tiap unit KKN selalu unik di tiap tempat. Ada yang membenahi lampu merah di kampus UGM, sampai masalah sustainable tourism seperti di KKN saia. Setidaknya carilah tema yang 'menjanjikan' kemakmuran bagi desanya, karena seperti ketika caleg-capres berkampanye, poleslah visi-misi-mu, maka seua orang tak akan melihat maksud dibaliknya.

Jadi, kalo saran dari saia. Resapi makna tema besar KKN dan juga tema KKN kalian, kemudian sinkronisasikan dengan hobi kalian. Pada proses pembutan Program Pokok, kalian boleh saja Idealis layaknya kaum birokrat, tapi ingat! Hal yang paling afdol buat kamu kerjain, adalah sesuatu yang kamu cintai, dan hasilnya akan jauh lebih maksimal daripada mengerjakan yang kamu tak tahu, dan cuma asal jadi!

Jangan pasang patokan KKN terdahulu untuk membuat program pokok. Untuk membuat program pokok haya dibutuhkah passion pada program pokok itu sendiri! Jika kamu suka menjadi mak comblang, buatlah Program mencomblangi anak-anak desa. Jika suka buang air tetapi disana tak ada WC, maka buatlah WC. Jika anda suka pekerjaan yang membosanakan, maka benahilah tata desa mereka! Taka ada batasan pada pembuatan program pokok ini, kecuali tema KKN unit kalian dan program kalian juga harus menyehatkan desa kalian, jangan membuat program yang unhealthy.

(Mungkin) langkah-langkah pembuatan program pokok:
  1. Cermati tema besar KKN PPM UGM dan maknai tema dari Unit KKN-mu (sok bener bahasanya!)
  2. Carilah passionmu, hobimu, ataupun sesuatu yang kamu minati!
  3. Kombinasikan, campurkan, sintesiskan, kedua tema besar tersebut dengan hobimu! Jangan takut untuk bereksperimen.
  4. Jika sudah jadi sebuah program, parameter utama kalian adalah program kalian harus sejalan dengan tema unit kalian.
  5. Sudah sreg dengan program ini? Tidak? Kembali ke point 2.
  6. Jika sudah sreg, maka bertaubatlah, dan lakukan perogram itu ketika KKN.
Memang, jika ditelaah sejuta kali, posting ini adalah krusial, kritikal, tapi tak penting untuk dipublish, jadi, seperti biasa, Semoga tulisan ini membantu anda! Setidaknya jadi teman membaca di wc!

-----------------------------------------------------------------------

FYI, program saia dulu:
  1. Membuat stok foto untuk parawisata desa, rincian kegiatan cuma baca resource, moto, ama jalan-jalan < (love it)
  2. Membuat logo parawisata desa, rincian kegiatan cuma baca resource ama ngedesain < (love it)
  3. Membantu Posyandu keliling, rincian kegiatan cuma ke puskesmas ama maen ama anak kecil < (love it)
  4. Koperasi, padahal realisasinya cuma buat kop surat :p < (hate it)
  5. Lupa, kayaknya tentang fotografi atau desain juga deh :p

0 Koments:

Post a Comment

Udah makan, bro?