.this blog goes BSR

BSR itu sendiri adalah plesetan dari CSR... CSR adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility.. beberapa perusahaan make nama lain kayak di GAP (perusahaan retail baju), yaitu CGR, Corporate Global Responibility, yang secara konsep ga beda jauh, cuma lingkupnya lebih gede yaitu global. Contoh gerakanya yaitu RED, sumbangan untuk penderita AIDS di Afrika..

CSR sendiri tuh kalo menurut gw tuh WADJIB.. bukan sunnah ato additional ato keunggulan kompetitif.. mereka (perusahaan) tuh harus sadar bahwa setiap perbuatan yang dilakukan setiap orang ato badan usaha, pasti memiliki dua sisi, sisi baik dan sisi buruk , entah si sisi baik dapat menutupi keburukan atau sebalinya.. maka dari itu, sebetulnya, CSR tuh wajib, karena emang sebuah perusahaan tuh emang harusnya menalangi semua dampak atau efek buruk yang dihasilkan oleh produknya.. atau proses dari pembuatan produknya..

Sebut sadja Limbah, hampir semua perusahaan manufacturer punya limbah, baik itu limbah gas maupun cair.. CSR pada perusahaan ini seharusnya adalah pengolahan limah sampai limbah ini tidak mencemari daerah sekitar.. contoh CSR yang lain adalah pada perusahaan Djarum (perusahaan rokok), perusahaan ini mempunyai beberapa event, yaitu seperti Djarum Bakti Kesehatan, Djarum Bakti Pendidikan, dan Djarum Bakti Lingkungan.. itu merupakan CSR dari Djarum..

Memang, seperti yang gw katakan tadi, CSR emang harusnya wadjib, tetapi, alangkah baiknya kalau CSR ini adalah dari kesadaran sendiri, bukan paksaan dari pihak eksternal perusahaan (baca: masyarakat atau LSM).. dan, masalah etis pada CSR ini adalah pada niatnya, seperti yang gw bilang tadi, setiap apapun yang dilakukan perusahaan (buat produk baru, pemakaian mesin baru, pembuatan gedung baru, etc), pasti memiliki efek dua sisi, dimana efeknya adalah positif dan negatif..

naahh, masalah etis disini adalah pada beberapa perusahaan, ditemukan, CSR mereka hanya digunakan untuk menutupi si sisi negatif ini.. maksudnya adalah, mereka melakukan hal tersebut hanya untuk sebatas menebus dosa, supaya dampak negatif dari keputusan mereka diharapkan dilupakan oleh orang orang, atau hanya untuk membuat posisi mereka nyaman, tidak digugat oleh masyarakat atau LSM..

Dan ingat, corporate, adalah sebuah instansi yang bertujuan untuk mencari laba.. intinya mereka punya laba, punya uang.. jangan lupakan masyarakat sekitar, jika corporate tersebut hidup diantara masyarakat berkehidupan kurang layak, maka layakkan hidup mereka, itu adalah CSR nya.. dan ingat, CSR pada dasarnya bukan untuk menutupi nilai negatif, tapi untuk menambah nilainiali positif sebuah corporate..

BSR, tidak beda jauh dari CSR, BSR sendiri merupakan singkatan dari Blog Social Responsibility... nah, hali ini adalah program baru dari blog gw.. BSR.. mungkin adalah konsep baru di dunia per blog-an.. ketika dunia per blog-an udah jenuh, dimanamana iklan PTC.. maka blog gw nggak gitu.. blog gw malah memberikan sebuah ide baru (ini 100% ide gw, setelah blajar tentang CSR), BSR.. dimana penerapan BSR bisa bermacam macam, mungkin dgn *bnama blog lo* bakti lingkungan (kayak di djarum) ato apa lah..

kalo konsep dari BSR tuh menurut gw gini, karena blog hakikinya adalah tempat lo untuk nulis, bukan untuk terkenal atau iklan, apalahi untuk dapetin uang, makanya bisa dibilang blog itu nirlaba.. hampir blog itu sendiri memiliki efek negati (kecuali blog bokep dan PTC..ehe ehe).. tetapi pada prakteknya, tulisan (blog) sendiri bisa digunakan untuk beriklan, bahkan bisa dipakai untuk mendapatkan pendapatan tetap..

nah, sedangkan unsur dari blog itu yang intinya ada dua, sang penulis (atau tim penulis) dan si blog itu sendiri.. jadi ingat, ketika melakukan BSR, kalo si penulis melakukan kegiatan positif atas nama si blog, tapi pribadi (atau tim) si penulis masi melakukan tidakan kurang bertanggung jawab bagi sosial, seperti buang sampah ngasal ato buang upil sembarangan, mencuri, dsb.. maka, gw rasa BSR itu belum saatnya dilakukan.. mending jalani aja PSR dulu, Personal Social Responsibility, ato lebih sering disebut, 'woi, peduli ma lingkungan dong lo!'..ya, seprti itu..

sedangkan, bentuk BSR di blog gw gampang ajah.. kalo PTC, setiap blog lo di klik, lo dapet uang.. kalo blog gw ga, setiap blog gw di klik, maka dari setiap lo klik, Rp. 10 disumbangkan untuk fakir miskin, kaum dhuafa, atau untuk pembangunan Indonesia atau apalah, yang penting berguna dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan tanah air.. Ingat, ini bukanlah topeng, blog gw bersih sama sekali dari PTC.. Jujur ajah, gw ga suka ma PTC dan MLM.. tapi tetep..no offense..

nah, kalo yang tadi kan bentuk BSR atas nama blog gw.. dan BSR atas nama penulis aka wanwan aka Wana Darma aka gw, adalah, Green, sebuah campaign dari gw, dimulai dari diri gw sendiri, dan selanjutnya 'penghasutan' pada orang lain..ehe ehe.. beberapa hal yang dimulai dari diri gw adalah seringnya sekarang gw jalan bareng Mona dan jarangnya jalan bareng blurevo..maaf kawan.. dan mungkin hal lainnya adalah, membuang sampah pada tempatnya..so simple isnt it?

target selanjutnya: menghasut orang bwt pake sepeda..ehe ehe

10 Koments:

  1. CSR...mungkin bakal jadi buat skripsi gw.. doain ya lancar..hmm..amin..

    ReplyDelete
  2. nice wan.. kayaknya gw mau ngebahas konsep lo deh.. gimana2? minta izin gan... boleh nga nih??

    ReplyDelete
  3. Wan blog yg km ikutin lomba yg mana ya ...??

    ReplyDelete
  4. @mas dede: ya blog ini lah mas...btw mas angkatan brapa ya di UIN?

    ReplyDelete
  5. emang konsep lo ada berapa sih wan? yang BSR laahhh.. ;p cuma masih gw pikirin sisi gimana enaknya nulisnya..hoho

    ReplyDelete
  6. okeiokei.. sesuai csr ajah..

    ide gw..
    gmana kalo Hariz Adzkaria Charity 2009??
    jadi taun baru lo bagibagi makanan gt ke fakir miskin??hha

    ReplyDelete
  7. halooooo.. hmm,th x bwat izinnya.. tapi lo nga salah nulis nama gw tuh??

    ReplyDelete
  8. emang salah ya ska?? sorriii daahh.. ap menurut gw.. kapan kapan kita, para blog se apah gt, buat acara charity ajah, jadi kan menuju ke konsep bsr jugag tuuh..ya kan?

    ReplyDelete

Udah makan, bro?