.tip n trik supaya kuliah khusyuk

buad tmen" semua yang memiliki masalah pada kuliah, seperti ngantuk ato bosen ato apalah.. gw bakal bantu dikit, share cara supaya kuliah lebih bisa fokus, afdol, n khusyuk.. bahkan bisa dapet nilai partisipasi..hhaha..ga percaya kalo gw yang ngasi saran?? udah, baca dulu aja...baru komen :D



1. Baca materi di rumah (ato di kost)


Jelas lah, ini syarat paling pertama dan penting, baca dulu materinya sebelum kuliah, kalo ga tau materinya, yang ada di kelas ntar cuma dengerin dosen doang, dan udah pasti hasilnya kita nggak bakal ngarti apa yang diomongin dosen, kecuali kita dah tau materi ini pas kuliah terdahulu. bisa dijamin, kalo kita ga baca dulu yang ada adalah kita tidur, ngobrol, men HP ato kluar kelas n ga masuk” lagi, karena BOSEN, ato GA MUDHENG”..belive me, walau cara ini sangat konvensional n susah untuk dilakuin, but, try it, u will feel the difference.. at least, with pouring few courage to raise your hand, kita bisa partisipasi di kelas.


Ini bahaya kalo bosen di kelas..liat, pada ga semangat kan?



2. Dateng telat


I’m not joking this time..yap, ini nyata.. impactnya adalah buat poin yang selanjutnya.. yap, tapi bagian ini punya peran penting juga.. karena kita dateng telat, harusnya kita punya sedikit rasa bersalah kan, feel guilty? karena dari itu, harusnya kita lebih serius buat kuliah, bukanya langsung tidur gara” kecapean lari” dari kost.. yah berdoa ajah semoga dosenya kasian ma lo gara” kecapean lari” dan bukanya ngluarin lo gara” telat..



3. Atur tempat duduk lo


“Jangan duduk deket temen yang berpotensi tuk ngobrol ma lo”

“Jangan duduk deket temen yang berpotensi tuk membuat ribut”

Inget poin 2? nah itu juga berguna untuk nentuin poin ini.. knapa? kan biasanya tempat yang sangat strategis untuk terkena threat yang ngebuat kuliah kita ga fokus (baca: ngobrol, tidur, ato smsan) udah penuh, understood?

cuma itu batasannya.. serah lo mau duduk dimana.. mau di depan kayak brahmana, di tengah kayak ksatria, ato di belakan kayak sudra, its up to u.. tapi kalo mau niat untuk partisipasi lebih dan punya penyakit yang ama kayak gw, yaitu, fobia bicara di depan umum,


sebuah penyakit yang amat sangat pasaran yang menyerang siapa saja di muka bumi ini, dengan gejala yang umum, seperti, ga mau ngomong di dpan umum, menggigil atau kejang kejang kalo ngomong di dpan umum, ampe gjalanya yang paling akut, yaitu, pingsan kalo bdiri di depan khalayak ramai.


, mending gw saranain untuk duduk di depan, soalnya lo bakal ada di posisi paling depan, dpan lo cuma dosen, jadi kalo nanya, ktakutan lo bakal berkurang, soalnya di dpan lo cuma ada dosen, ga ada orang lain diantara lo ama dosen, bakal kerasa cuma kayak nanya personal ke dosen, tapi dengan volume yg lebih keras.

kalo lo duduk di deket tmen, misalnya ga ngarti, lo kan bakal nanya ke temen, coba kalo tmenya ga ada, tinggal tambahin keberanian dan sedikit kesabaran ampe dosen bilang “ada pertanyaan?” ataw “ada yang belum ngerti?”, tinggal nanya deh, dapet nilai partisipasi kan? ya, gw tau, omong gampang, tapi praktek susah kan? namanya juga saran..



4. Buang HaPe


Threat yang paling dahsyat, yaitu ngobrol, udah dilewatin, harusnya tinggal satu lagi threat gawol yang harus kita hindari, threat yang ada karena kemajuan teknologi, yaitu HP..ato biasa dipanggil handphone ato ponsel.. untuk poin kali ini gw saranin, taruh jauh” hape dari jangkauan tangan lo…




Ini tersangka pada kasus gw, hape gw, si nokia 5700 XpressMusic..


Mahluk kecil ini cukup dahsyat, emang bentuknya kecil banget, tapi fungsinya mantab, bahkan mungkin lebih mantab daripada gabungan otak tiga sudra akcost..hhaha.. kalo ada hape deket tangan, yang ada malah sms an, chatting an, dengerin musik, maen game, ato yang paling akut, malah poto” an, seperti yang gw lakukan pas kuliah akuntansi pengantar 1 nya pak sugiarto.hhaha




Ini lagi kulah lo, pa sugiarto lagi nerangin..ckckck..daar nak kelas F..



5. Siapkan pen n paper, daun lontar juga ga pa pa


Insyaallah threat besar udah ilang, sekarang tinggal ngilangin inner threat aka threat yang dating dari diri kita sendiri, seperti bosan, yang impactnya adlah ngantuk dan keluar-masuk kelas..

kali ini alat” ini kita gunakan untuk mencatat, kenapa mencatat.. alasan logisnya adalah kita bosan karena pusing ga mudheng kuliah terus ga nyambung kuliah, terus binggung mau ngapain kan? mecatat adalah salah satu kegiatan yang positif yang sangat baik untuk mengisi kekosongan itu..

alasan lainnya adalah, dengan kita mencatat, kita dapet dua kali input data.. yang pertama yaitu dari tulisan ato omongan dosen, yang kedua adalah dari tulisan kita sendiri..mengapa? ingat, kalo kita nulis, kita juga secara tidak langsung membaca tulisan kita, kita mengolah data dari dosen untuk kita tuliskan dalam bahasa kita sendiri..dan hebatnya, secara tidak langsung kita lebih pintar..

logikanya, kalo dengerin doang minimal masuk kuping kiri, keluar kuping kanan, tapi kalo lo catet, minimal masuk kuping kiri, diolah otak, jadi tulisan, keluar kuping kanan.. setidaknya ada bekas kerja keras lo di kelas.. ada bukti kalo lo niat belajar.. dan yang penting adalah untuk blajar ujian, karena sumber pelajaran yang paling cepat kita mengerti adalah catatan sendiri, karma dalam catatan itu tidak hanya ada catatan bolpoin atau pensil semata, TETAPI, ada juga catatan perjalanan slama kita menulis, dengan membaca catatan kita, kita bisa teingat kejadian yang ada kektika kita mencatat, contonya, tulisan “P-Value”, tulisan itu bukan hanya menyimpan memori sebuah symbol yang dibaca percentage value doing, tapi juga ingatan ketika pa Andreas ngejelasin, gimana muka nya pada saat itu, gimana teman di kiri-kanan kita pada saat itu,dsb..



6. Do AaA, or Ask and Answer


Semua threat kan insyaallah udah ilang, ini buat nyempurnain, just raise your hand, and ask about your confuse ness, and cause u have done it like point 1 and 3 said, normally u could answer all lecturer questions easily, BUT, if u pouring few courage to raise your hand, dan nikmati nilai partisipasinya :D



Yah, itu sedikit anjuran dari gw, walau agak sedikit sulit dan menuju ke unsos dan juga agak terlalu melanggar praturan dan juga agak terlalu freak caranya, tp kalo lo bener” mau niat kuliah, mendingan coba dulu deh, dijamin mak nyuss, ajiib,ahahaha


*) segala efek negatif yang terjadi pada pembaca, tanggung sendiri ya, tapi kalo bagus, bagi” ya,ahahahaha ;p


12 Koments:

  1. yeah, akhirnya sebuah tulisan panjang n agak menguras otak..

    ReplyDelete
  2. dengan tanpa mengurangi rasa hormat,, wana darma ssecara mantabb gua kokohkan sebagai mahasiswa teladan 2007 atas prestasinya dalam menulis artikel ini yg sangat menggugah hati orang2 malas (kaya gua)..

    mngerikan,,, wana mulai terlihat aslinya,, the first impression gua mulai terbukti saat melakukan aksi2 dan manuver2 gemilang di pelajaran STI..
    UGM siap melahirkan orang besar
    waspadalah.. waspadalah..

    ReplyDelete
  3. jgakakakakak...mas ary ana ana wae,,
    wew mas wana kelas F jugak ta dulu?
    dari kmaren nyari2 anak kelas F buat minta soal UTS ga depat2,,sekarang udah kelas eh nongol semua anak kelas F,hehehe

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. @ary..
    anjrot..trnyata tulisan gw bisa menggugah,hhahaaha..thx ri
    eh,btwbtw, emang gw sti ngapain??

    @kin"
    yap, klas F, ama kayak iqbal, taufik, shidiq, resha, DA, adikoplak, itu loo, nak" EQ th banyak kelas F tauk,hahhaha
    btw, kita sam" diajar pak sugiarto kan? dy seneng bgt si ngajar di klas F..

    ReplyDelete
  6. hahaha..
    kocak2..
    tapi emang masuk akal c..
    ntar di cuba deh..

    tapi kayanya yang point dateng telat susah juga..
    coz di tempat gw yng dtemg telat ga blh msk
    hua..
    gawat deh

    ReplyDelete
  7. @istiqomah
    yaa.. yang pon telat opsional ajah deeh.. gausah di ikutin juga gpp..hahhaha

    ReplyDelete
  8. tips yg menarik hahaha
    gw jg baru update nih wan
    mampir lagi oke?

    ReplyDelete
  9. patut di coba tuh wan...
    thx yaaaa... heheee.. sipp bgt dah tuh!!

    ReplyDelete
  10. @gildy
    thx glid..
    bakal gw baca A.S.A.P.
    tp ko di blog gw lo kliatany update seminggu yang lalu ya??

    @destika
    thx des..
    eh ntr klo dah d coba,
    jgn lupa feedbacknya ya..

    ReplyDelete
  11. ada 1 lagi kasta yang blom lo sebutin, yaitu kasta terendah PARIA! lain kali dibuka lagi yah buku sejarahnya......

    ReplyDelete
  12. okeh boss.. gw lupa, gw inget kalo da kasta terendah yang isinya kasta yang nikah ma kasta laen..tp lupa namanya, thx dah ingetin..

    ReplyDelete

Udah makan, bro?