#MalesMakan: Chilli Beef Lettuce



Tahun 2012 kan udah mau lewat. Gimana resolusi setaun kebelakang? Mesti pada kesampean semua deh. Etapi kok kamu tetep malem mingguan dikamar sepanjang tahun. Itu cewek yang sering kamu ajak main gebetan beneran? Cuma temen kali.

Yaudah, sante aja. Kaya JB, kalo tahun ini resolusi ga kelar, lanjut taun depan. Tetap menatap langit dengan optimis. Jiee.

Supaya makin enak, mari kita sambut tahun baru 2013 dengan makanan yang enak. Dan seperti kata pepatah, makanan yang paling enak adalah yang dimasak sendiri. Mari kita memasak demi kebahagiaan setahun kedepan. Okeyah.

Anyway, JB kemaren sempet maen ke kampus lagi. Udah lama ga ke kampus, ga enak bawaanya, takut punya utang terus malah kejar-kejaran ama orang lagi. Pas maen ke kampus, ga sengaja ketemu sama Mas Geri, dan dia berhasil kita jebak untuk masak di rumahnya sendiri. Masak daging pula. Nom nom nom.

Untuk membuka tahun 2013, Mas Geri bersedia untuk membagikan salahsatu resep andalannya yang di adaptasi dari resep sang maha guru Gordon Ramsey, Chilli Beef Lettuce. Perpaduan gurihnya daging dibalut segarnya selada, bener-bener rasa yang bakal ngebuka awal tahun kamu dengan kenikmatan tiada tara! Ah kamu.

*****

Untuk menjaga kesegaran awal tahun baru kamu, dibutuhkan selada yang mempunyai kesegaran maksimal. Coba bayangin kalo kamu dapet selada yang udah menghitam, maso awal tahun kamu aja udah menghitam, gimana hari-hari selanjutnya, hitam kelam kayaknya. Pakai daun bagian dalam untuk mendapatkan bagian yang segar.

Namanya serem, head lettuce.
Sekarang saatnya nyiapin bahan lainnya, terutama si daging. Persiapan itu kritikal loh dalam memasak. Kalo kamu lupa beli daging, kita ga temen lagi deh.

Pake daging sapi! Jangan daging tikus.
Lanjut dengan memasukkan daging ke mangkok untuk dicampurkan dengan garam. Aduk aja pake tangan, jangan takut. Beranilah! Demi kelak hari-hari kedepan kamu jadi anak yang pemberani.

Kalo laki mesti udah jago nih.
Setelah rata, panaskan minyak zaitun di dalam penggorengan. Goreng si daging cincang. Jangan lupa untuk memisahkan si daging sebelum daging matang, agar tidak menggumpal. Kata mas-nya sih gitu. JB sih percaya aja lah.

Hancurkan. Hancurkan. Lanjutkan.
Goreng terus sampai daging tercerai-berai. Lanjut goreng sampai minyak daging keluar dan daging jadi agak kering, kemudian tiriskan. Minyak sisa gorengnya jangan diminum yah.

Ajaib ya tiba-tiba minyaknya makin banyak.
Sekarang tumis jahe, daun bawang, bawang putih, dan si cabe merah dengan campuran minyak wijen dan minyak zaitun. Boleh campur minyak nyong-nyong, tapi JB ga naggung kalo kamu jadi ganteng ya.

Tumis sampai layu. Hatinya jangan ikutan layu ya.
Pas tumisan udah layu dan wanginya ngebuat laper, masukkin si daging, kecap ikan, ama lada hitam yang udah ditumbuk kasar. Tumis aja sebentar, gausah lama-lama. Etapi terserah kamu sih, kan kamu yang mau makan.

JB sih sukanya jangan terlalu kering gitu.
Ini adalah bagian paling penting. Kamu harus bisa menata si selada sedemikian rupa supaya dia mengelilingi si mangkok dan daging. Kebetulan pas itu JB lagi liat Asian Next Top Model bentar, pas balik si daging udah tertata. Mana ada zest nipisnya lagi. Magis abis.

Mejik, tiba-tiba bisa jadi gini.
Lanjut buat saos. Sekarang secara bar-bar campurkan minyak wijen, minyak zaitun, kecap asin, kecap ikan, perasan nipis, dan gula. Udah itu dulu aja. Sante, bro.

Masukin semuanya. Ga pake sante.
Sebenernya saos kamu udah kelar. Sekarang biar agak indah, dan tentunya pedes, kamu harus tambahin potongan cabe merah. Kamu jangan cemen. Maso sama cabe aja takut.

Cabenya seksi abis warnanya.
Supaya lebih keren, kamu ciprat-cipratin saosnya diatas daging dan selada sebelum disajikan. Biar kesannya basah dan menggoda gitu.

Rasanya lebih enak dari bentuknya. Kalo ga salah ya.
Taun baru juga bisa dirayain bareng temen-temen gitu. Ya, ga ngerayain juga sih. Paling enggak ngobrol-ngobrol terus main UNO sampe kembang api muncul lah. Terus kalian keluar liat kembang api bareng terus make a wish. Balik ke kamar terus lanjut ngebuli temen kamu. Terus kamu sadar kalo kamu masih punya temen untuk ngebuka awal tahun kamu. Kemudian kamu bersyukur kepada tuhan karena kamu masi punya temen, kemudian kalian menyanyai lagu kisah klasik untuk masa depan sampai tertidur. Sebentar JB kencing dulu.

Semoga resolusi yang dibuat para pembaca setia JB bakal kesampean di tahun 2013. Dan resolusi yang belum masih menggantung dari tahun-tahun sebelumnya bisa terselesaikan di tahun ini. Semoga yang ngegebet bisa jadian, mantan yang masih sayang bisa balikan, dan yang difrenjon semoga move on-nya dimudahkan. Udah, tinggalin aja.


Halah. Palingan balen lagi.
Dari pertandangan kali ini, JB belajar sesuatu. Memasak juga ga sembarangan, butuh teknik yang baik. Mas Geri mencontohkannya dengan menunjukkan kemampuannya memainkan pisau. Begitu lihainya sampai hasil cincangannya rata dan halus. Kalo ada cewek ngeliat, mungkin bakal melting gitu ngeliat kemampuan Mas Geri. Ya ga, Ger?

Merasa ada yang aneh di resepnya? Itu gunanya kolom komentar. Dan, sampai jumpa di #MalesMakan berikutnya dengan menu dan (mungkin) house chef baru!

*****
 

Chilli Beef Lettuce alla Geri

Untuk 3 Porsi Normal

Bahan:

  • Ayam Giling 200 gr
  • Bawang Putih 3 siung, cincang
  • Jahe 5 cm, cincang
  • Daun Bawang 2 batang, iris miring
  • Cabe Merah Keriting 3 buah, iris
  • Kecap Ikan 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam secukupnya
  • Zest Nipis secukupnya
  • Minyak Wijen untuk menumis
  • Minyak Zaitun untuk menumis
  • Selada secukupnya untuk membungkus
  • Daun Bawang secukupnya untuk taburan
Bahan Saos:
  • Gula 1 sdm
  • Kecap Asin 1 sdm
  • Kecap Ikan 1 sdm
  • Minyak Zaitun 1 sdm
  • Minyak Wijen 1 sdm
  • Perasan Nipis 2 sdm
  • Cabe 1 buah, iris

Taruh daging giling di dalam mangkok, campurkan garam secukupnya, aduk dan remas. Goreng daging di dalam minyak zaitun hingga agak mengering. Jika sudah, keringkan daging. Panaskan minyak wijen, kemudian masukkan campuran bawang putih, jahe, cabe merah dan daun bawang. Tumis hingga layu. Kemudian masukkan daging cincang, kecap ikan, dan lada hitam. Masak hingga seluruh bahan matang. Hidangkan di atas mangkok dengan alas selada yang sudah ditata.
Campurkan semua bahan saus. Aduk rata. Percikkan saos ke daging yang telah ditata. Tambahkan daun bawang sebagai taburan. Sajikan dengan nasi hangat.

 
*****

Geri itu lengkapnya Gerindra. Nama panjangnya cari tau sendiri aja yah. Baru selesai kuliah dan lagi sekolah lagi. Beneran suka masak dan emang bisa masak. Suka Milan dan kayaknya ga bakal move on. Katanya sih suka design gitu, semacam jagoan design angkatan. Kayaknya kalo ga salah anaknya single deh. Kenapa, pengen kepo ya? Gih, kepo aja di @gerindra00. Jangan dicubit ya, kasian. 

2 Koments:

Udah makan, bro?