Tauco di Dalam Soto



Akhir maret lalu, tiba-tiba Alm. teman kosan saia satu-satunya, Yanuar, menceritakan sebuah makanan di daerahnya. Tapi, menurut saia, deskripsi yang diberikannya mengandung nilai ambigu yang cukup tinggi, "Iya Soto Tauto (Tauco), Wan. Enak loh". Sepengetahuan saia tauco selalu berjodoh dengan makanan kering, mentok-mentoknya cuma makanan becek-becek, bukan makanan berkuah. Oke sebagai orang yang mudah dihasut dalam urusan makanan, saia kontan berfantasi dengan mahluk tersebut.

Setelah mencuri-curi kesempatan ketika melakukan ekspedisi penaklukan pantura, akhirnya saya bisa berhenti di Pekalongan- daerah kelahiran orang-orang yang konon berhasil mengakurkan tauco dan makanan berkuah. Tidak susah menemukan tempat yang menjual makanan ini, hampir pada setiap lekuk kota terdapat penjual soto ini.

Rasa yang dihasilkan adalah dominan gurih khas soto dan dipadu dengan aksen manis khas masakan jawa tengah. Dan kejutan pedas dari tauco akan membuyarkan pengalaman kamu kalau soto hanyalah santapan pagi hari yang gurih dan manis. []

4 Koments:

  1. Alamatnya dmna ni wan? Btw mau promosi juga: Soto Mbok Giyem, Boyolali. Di tengah kota Boyolali-nya, tanya orang2 pasti tahu dmnanya.
    Ada cabangnya jg di Solo, tp entah knpa ga seenak aselinya

    ReplyDelete
  2. alamatnya pekalongan, ada dimana-mana, soalnya makanan endemik. Jarang kalo di luar kota itu. Harus ke kota sana bhel kalo mau coba.
    Soto mbok giyem rasa n bentuknya kayak apa?

    ReplyDelete
  3. Ini juga banyak di Tegal n Slawi nih.. Kebetulan pernah nemu restoran Tegal di Bandung yang jualan soto tauco ini.. Enak sukaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya ya, gw belum tau ini makanan asli mana. tapi ini salah satu soto yang paling unik dan enak buat gw. Nagih xD

      Delete

Udah makan, bro?