♫ Lost at Surabaya, day 3


Lost at Surabaya, day 3
i'm Lost..
15 Juli 2009

Lost.. Hari ini saya berkeliling.. tapi lebih banyak kesasarnya.. sial.. Tapi, dapat lumayan banyak poto.. Let the Photo talk..

08.30-Mornin, lad!
Hari ini saya bangun lebih pagi daripada kemaren. Hari ini, jam sembilan, Dimbud ada janji sama dosen untuk konsultasi masalah Penelitian untuk Tugas Akhir-nya, jadi, Pagi ini saya sendiri di kosan, tapi kata Dimbud, Ikhwan udah menuju kesini. Kemudian saya makan, setelah mengantar Dimbud keluar kosan, sambil menunggu Ikhwan. Ikhwan datang, katanya, hari ini kita jalan-jalan ama Danti, Edel, dan mungkin ama Fitri, dan Nimas, kemudian saya mandi, dan bersiap untuk menghadapi hari ini. Hari ini kita jalan naik mobil danti, dan kita ketemuan di depan Kampus FK UNAIR.

Ini Dimbud.

09.50-Keluar dari kosan Dimbud.

Ini kamar kosan Dimbud yang udah saya berantakin.

09.59-Another Weirdo.
Saya melihat ada anak pake jaket PADMANABA 08 di deket FK UNAIR.

10.03-Waitin.
Nyampe di depan Kampus FK UNAIR, sementara kita menunggu danti Ikhwan makan Somay.

10.09-The Blues.
Sebelum Ikhwan menghabiskan dua gigitan terakhirnya, sebuah Honda Jazz Biru datang, Danti datang. Saya menyapa mereka, ternyata ada Edel dan Danti. Kemana Fitri dan Nimas?saya tak tahu. Setelah Ikhwan menghabiskan Somay-nya, akhirnya kita jalan, dan tujuan kita adalah Jembatan Antar-Pulau, Jembatan Suramadu.

Yang kiri Edel, yang kanan Danti.

10.40-Extraordinary Bridge.
Jembatan Suramadu, jembatan yang panjangnya kurang-leih 5,4km ini, menghubungkan dua pulau, seperti namanya Sura-Madu yaitu Pulau Jawa dan Pulau Madura. Untuk biaya masuk, karena ini adalah jalan tol, maka, setiap mobil pribadi di kenakan biaya tiga puluh ribu rupiah, sedangkan untuk sepeda motor, rumornya, dikenakan biaya enam ribu rupiah. Spot bagus untuk foto-foto ada di bagian tengah tempat ini, langit yang indah, dan background pondasi yang manstab, dan coba tengok ke bawah jembatan, akan terlihat nelayan yang membuat tambak di daerah sekitar pondasi jembatan. Tapi, di sepanjang jalan ini di larang Stop, jadi, jika ingin mengambil gambar, ambillah dari dalam kendaraan, atau beranikanlah diri anda untuk stop dan berdoalah semoga tidak ada polisi yang lewat.

Menuju ke Jembatan Suramadu.

10.49-Crossed!
Jembatan Suramadu kami lewati. Tidak seperti yang saya bayangkan, saya membayangkan akan memakan waktu yang lama unuk menyebrangi jembatan ini,tapi kenyataan berkata lain, kurang-lebih lima menit kita berhasil lewat. Oleh daripada hal tersebut, kita menyempatkan diri untuk berpoto-poto di Pulau Madura.

We're lost!

Mobil danti yang bawa kita jalan-jalan.

Berpose depan mobil dulu.

Wanita balap mobil.

11.06-Menuju Surabaya.

11.10-Gamblin.
Di tengah Jembatan Suramadu, kami menguatkan diri untuk berhenti. Dan terjadilah Photo-Session yang ke-dua, kali ini diatas Jembatan Suramadu.

Danti, pemilik mobil biru.

Ladies.

Dibawah pondasi Suramadu.

Ditengah jalan, YAY!

Betapa MEGAHNYA jembatan ini.

Horizon.

Nelayan.

Sepertinya ini tambak.

11.20-Jalan lagi ke Galaxy Mal.

11.36-Sampai di Galaxy Mal, mau Nonton di 21.

11.42-Divided.
Danti dan Edel menonton Hannah Montana di 21, sementara saya dan Ikhwan ke Mushalla, gagal ke 21 karena ga ada film yang mau di tonton, dan emang karena males nonton.

11.50-Pray.
Akhirnya kita sampai ke satu-satu-nya mushalla di dalam mal Galaxy ini, Mushalla Al-Hikmah. Sebenarnya saya kira tak akan ada mushalla, karena di mal-nya mayoritas adalah kaum Oriental, sementara kaum Agraris hanya menjadi penjual.
Mushala Al-Hikmah, walaupun disini mayoritas adalah kaum Oriental, tapi, mushalla di sini ukurannya cukup luas, bahkan lebih luas daripada semua mal yagn pernah saya kunjungi di daerah selain Surabaya. Dan yang cukup spesial disini adalah udaranya, karena biasanya udara di mushalla di dalam mal sangalah pengap, maka di sini justru kebalikannya, cukup nyaman.

11.48-CLR-an, again!
Kami keluar dari mushalla, binggung mau kemana menghabiskan waktu selama dua jam. Akhirnya kami berputar-putar di dalam mal ini. Berputar sampai melewati dua kali atau lebih untuk tempat yang sama membuat kaki kami pegal dan kami kehausan. Akhirnya, kami membeli roti di Breadtalk, dan memakannya di KFC, karena di Breadtalk tak ada kursi, sampai akhirnya Danti dan Edel datang.

14.05-Keluar dari Galaxy Mal.

14.23-Lontong Balap.
Akhirnya kita makan. Lontong Balap pojok Jalan Sumbawa, ber-bahan dasar lontong, tahu, dan Lento (semacam perkedel dari tahu dan kacang kedelai), yang di rendam dalam kuah berisi tauge rebus dan daun-bawang-seledri, dengan topping bawang goreng dan sambal petis. Biasa dimakan dengan Sate Kerang.

Lontong Balap, yeah!

14.48-Keluar dari tempat makan, ke kos Dimbud.

14.57-Sampai di depan FK UNAIR, keuar dari mobil.

14.58-Another Weirdo, part 2.
Saya melihat anak yang sama pake jaket PADMANABA 08 di depan FK UNAIR, lagi!

15.05-Shalat di Langgar Haji Ilyas.

15.08-Keluar dari Langgar, menuju kos Dimbud.

15.18-Arrived Home.
Akhirnya saya pulang ke kos Dimbud, soalnya Ikhwan harus ke tempat saudaranya sore ini, jadi saya tidak punya teman jalan lagi. Dimbud juga masih mengerjakan proposal tugas akhirnya, jadi saya tidak bisa kemana-mana.

19.06-Miracle!
Pupus, karena sudah tidak ada lagi anak yang bisa diajak jalan-jalan, tiaba-tiba Dimbud bilang kali ada Nimas di depan. Akhirnya, saya memnemui Nimas dan memaksanya untuk menemani saya jalan, dan diterima. Dan kita-pun melihat peta Wisata Surabaya dan menentukan tujuan. Kesasar pun dimulai.

Nimas, mucul dari semak belukar :p

19.29-House of Sampurna.
House of Sampurna, tempat seperti Musiumnya Rokok Sampurna, disana di pamerkan sejarah rokok dan segala yang berhubungan dengan rokok dan Sampurna dari tahun ke tahun, dari jaman belanda sampai sekarang. Selain itu, di lantai satu di pamerkan juga meja-nya bos Sampurna, alat-alat Marching Band Sampurna, dan Alat Pencetak Bungkus Rokok jaman Baheula. Di lantai dua ada penjualan pernak-pernik dan oleh-oleh Sampurna, dan kita juga dapat melihat pe-linting-an manual rokok oleh para burh pekerja, di lantai dua ini tidak diperkenankan untuk mengambil gambar, baik dengan kamera atau dengan video-camera. Kalau malam, di tempat ini ada Garden BBQ, all you can eat with live music hanya dengan membayar delapan puluh ribu rupiah.


Pintu masuk House of Sampurna.
.

Di dalam House of Sampurna.

19.49-Pergi dari House of Sampurna.

19.56-Kya-Kya Nite Pedestian.
Akhirnya kita sampai di tempat yang saya idam-idamkan, pecinan, atau lebih familiar dengan ama Chinna Town. Kesan pertama langsung tidak meng-enak-kan, soalnya bayangan pecinan yang mirip kayak di luar negeri, dimana banyak pedagang makanan cina berjualan dan saling menunjukkan keahlian memasaknya, ternyata cuma impian, yang ada hanya bangunan tua yang tidak terpakai dan ruko-ruko bertingkat. Tapi kaum oriental-nya tetap ada.

Pecinan Kya-Kya, atau Kembang Jepun.

20.45-Sate Kelapa.
Akhirnya makan malam. Sate Kelapa, sate yang dibakar layaknya sebuah sate biasa, tapi bedanya sekarang satenya dibalut dengan kelapa parut yang udah dibumbuin. Kata Nimas, makanan ini khas Madura, soalnya yang jual make bahasa Madura. Ada dua pilihan daging, Ayam dan Sapi, tapi saos yang dipakai cuma satu, Bumbu Kacang, rasanya manis.

21.13-Selesai makan, pulang ke kosan Dimbud.

21.30-I'm Home!
Sampai di kosan Dimbud. Besok katanya Nimas mau ngajak makan di Pecel yang aneh gitu juga. Dan juga, besok jam tiga sore saya pulang ke Jogja, besok adalah hari terakhir saya di Surabaya, semuanya harus saya Exploitasi secara maksimal.hhhaha.
~fin

Next Destination:
-KUUULINEERAAANN!!!

Terima Kasih kepada:
-Danti, buat kendaraan-nya.
-Ikhwan, dan Edel, untuk jalan-jalannya
-Dimbud, buat kosannya.
-Nimas, yang udah kesasar bareng.
-dkk

*segala editan foto disini menggunakan Irfan View 4.00 hanya sebatas resize, dan editan Grafis menggunakan Microsoft Publisher 2007, karena keterbatasan alat.tq

5 Koments:

  1. Ini blognya kakakku...
    ngeliat kamu foto "kya-kya", aku jadi pengen ngasih link yang ada foto koplak di depan kya-kya...

    http://hifatlobrain.blogspot.com/2009/02/lonely-travel-lovely-travel.html

    ntar di daftar labelnya ada label "surabaya heritage trip"

    btw, ni dah hari trakhir, ya... ato besok? maksimalin deh, wan! hehehe...

    ReplyDelete
  2. gih, tulisan nya lumayan runtut, teruskan nak

    MB

    ReplyDelete
  3. gih, tulisan nya lumayan runtut, teruskan nak

    MB

    ReplyDelete
  4. wana gue pengen ke jembatan suramaduuu!! hahahaa udah lama banget nih gue ga ke surabaya :( dulu waktu embah gue di surabaya tiap taun gue ke sana... sekarang embah gue udah pindah ke jakarta jadi ga pernah ke surabaya lagi deh

    ReplyDelete
  5. yaudah si sa.. jalan ajah, naik kreta PP ga nyampe 100rb ko, disana jalan ama tmen" buat poto" deh, terus ke suramadu dan berharap ga ada polisi.. disurabaya enak kok, asal bareng tmen :D

    ReplyDelete

Udah makan, bro?