#MalesMakan: Nasi Goreng Pete


Kalo JB harus nyebutin sederetan orang yang punya muka badak, selain Aceng ama Juki tentunya, mungkin Dotika-lah ratunya. Disaat para perempuan sebayanya makan pete diam-diam di warung makan paling sepi di ujung gang soalnya takut bikin ilfil cowok, dia justru bangga dengan hobinya ngemil pete. Oia dia juga pernah ngentutin JB sih, valid lah badaknya.

Walopun dia bermuka badak, tapi orangnya baik hati kok. Kemaren JB dijanjiin mau dikasih pete soalnya (JB makan apa aja loh!). Tapi, berhubung JB lagi males masak, jadi kita undang aja dia untuk masak di dapur JB. Jadi dia bilang mau masakin JB Nasi Goreng Pete, ya asal ada makanan, kita sih seneng-seneng aja.

Nasi Goreng Pete itu setau JB banyak variasinya. Selama berpetualang di dunia kuliner, makanan ini adalah salah satu favorit JB, rasanya unik dan ga meres kantong soalnya. Variasinya macem-macem, ada yang petenya dimasukin ke nasinya, ada yang digoreng terpisah; ada yang warna nasinya merah, putih, ato cokelat; ada yang pedes, ada juga yang manis; tapi yang jadi favorit JB tetep yang murah dan porsinya banyak. Okesip.

Pete, atau petai, emang dasarnya buah yang bikin mulut bau, tapi sebanding lah ama manfaatnya. Menurut penelitian gitu, pete bisa memperbaiki mood seseorang dan secara umum bisa membuat orang bahagia. Katanya juga, pete mengandung vitamin B6 yang bisa memperbaiki mood perempuan yang lagi PMS. Kapan-kapan JB cobain deh ke pacar JB. Eh emang punya ya?

Oia, kembali ke masak.

Setelah JB berhasil nego dengan tante Dotika, akhirnya dia mau masakin kita. Tapi yang bikin JB shok adalah ini pertamakalinya dia masak Nasi Goreng. Eh apa pertamakali masak ya?

*****

Setelah memakai pakaian dan topi koki dan celemek, si tante siap memulai ritual ini. Ga ding, si tante cuma kaosan males gitu. Pertama, kata si tante, bahan utama dalem pembuatan Nasi Goreng Pete adalah Nasi dan Pete. (Wih, JB kira bahannya cinta dan kasih sayang te.)

Petenya semog euy.
Terus abis ngoprek-ngoprek kulkas JB, si tante memutuskan untuk make kacang polong. Ya emang cuma itu sih adanya.

Ini ceritanya yin dan yang loh!
Jangan lupa bumbunya, standar lah, kata tante. Bawang merah, bawang putih, cabe dan cengek (cabe rawit) yang banyak, ama terasi. Tadi si tante baik banget bawain Terasi Bangka, baunya lebih nyengat daripada terasi bermerek hurup urutan. Kalo terasi mah buat tau yang enak gampang, makin nyengat baunya, makin enak. Gitu deh kayaknya.

Itu terasi bangka loh, jangan meremehkan penampilannya.
Kalo semua bumbu udah siap, saatnya tahap paling barbar, nguleg. Saking barbarnya si tante ampe ga kuat terus minta tolong kita buat ngulegin. Kalo ga kuat nguleknya bisa dibantu pake garem ato gula. Kalo ga bisa juga bisa pake kerikil sih. Kalo kata si tante sih jangan terlalu ancur, biar ada teksturnya pas dimakan.

Jangan terlalu halus, ya segitu aja, kata si tante.
Bumbu udah siap, bahan udah siap, saatnya main api. Kata tante, awalnya kita harus numis bumbu yang udah diuleg, inget, jangan numis nasinya dulu. Sampe wangi lah bumbunya. Kalo kamu suka yang gosong-gosong, boleh lah ampe gosong.

Wangi bawang emang paling juara dah!
Ketika bau harum tumisan bawang kombo cabe udah kecium seantero ruangan, saatnya masukin pete. Kata tante pete dimasukin soalnya biar petenya mateng pas dimasak. Kayaknya gitu.

Ya tuhan, petenya gemuk-gemuk.
Kalo petenya udah agak layu, pinggirin pete dan bumbu, terus masukin telur. Eh, lupa ada telor. Yaudah, telurnya dikocok dulu.

Itu telur, kamu jangan mikir aneh-aneh!
Berikan harapan palsu ke si telur. Biarkan si telur menyatu. Iming-imingi juga dengan cerita kalo telur menyatu, mereka bakal hidup bahagia. Ketika si telur sudah hampir menyatu, segera pisahkan, cabik-cabik mereka, sampai rata. Mwahaha.

Sambil numis boleh loh goyang poco-poco.
Sekarang waktunya untuk panggung utama, masukkan si nasi. Disini skill kamu diuji. Gimana caranya si nasi ga lengket dibawah, tapi juga harus rata. Disini kekuatanmu diuji. Si tante sih gakuat tadi, terus ngelemparin tanggungjawabnya begitu aja ke JB. Sekarang saatnya adjusting taste, masukkin kecap asin dan garem. Seenaknya kamu gitu deh masukinnya, ampe bikin kumat darah tinggi bapak kosan juga gapapa.

Dibutuhkan kekuatan lebih untuk mengaduk 3 porsi nasigoreng *sombong*.
Kalo rasa udah oke, saatnya pindahin ke piring saji. Kalo kamu gabiasa makan pake piring boleh juga kok makan di penggorengannya langsung. Jangan lupa matiin api biar ga dimarahin mama.

Oke tante...
Makasih ya tante Dotika, makanannya enak loh! Ga percaya kalo ini pertama kali tante buat Nasi Goreng Pete. Lain kali main-main lagi ya ke dapur JB. Kami sih selalu membuka pintu untuk orang yang mau berbagi ilmu masaknya, dan tentunya bagi-bagi makan gratis *uhuk*.

Jangan lupa komentar yah yang udah nyobain resepnya! Sampe ketemu lagi di #MalesMakan berikutnya, tentunya dengan resep baru, dan (mungkin) koki yang baru!

*****



Nasi Goreng Pete alla Dotika

Untuk 3 Porsi Normal (atau 6 porsi cimit)

Bahan:
  • Nasi 3 Porsi
  • Petai 2 Papan, ambil buahnya kemudian belah jadi 2 bagian
  • Kacang Polong 1/2 Cup
  • Telur 2 Butir, kocok
  • Kecap Asin 5 Sdm
  • Minyak 5 Sdm
  • Garam Secukupnya
Bumbu Dihaluskan:
  • Cabe Merah 9 Buah
  • Cabe Rawit 4 Buah
  • Bawang Merah 3 Buah
  • Bawang Putih 6 Siung
  • Terasi 1 Sdt

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Ketika bumbu sudah wangi, masukkan petai, tumis sampai layu. Pinggirkan tumisan, masukkan telur. Orak-arik telur ketika sudah memadat. Ketika telur terlihat sudah padat, masukkan nasi. Aduk rata. Masukkan kecap asin, tambahkan garam sesuai selera. Sajikan selagi hangat.

*****

Dotika ini adalah mahasiswa S1 tahun kedua yang sedang menempuh skripsi. Bedeh, gila ya, JB aja skripsi pas semester udah belasan, mana pake di sms ama akademik gara-gara skripsi udah ga kelar setaunan. Eh kok malah curhat. Kalo Dotika datang, semua senang. Gitu sih bio twitternya. Kalo mau kepo lebih lanjut bisa tuh kepo ke @dotikasaurus, tapi jangan bilang kalo JB yang kasihtau yak!

9 Koments:

  1. jilbab guweh ngehitz abiss yaa -,,- eh eh kecap tiram kayaknya lebih yahudd yaa daripada kecap asin heheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeah, jilbabnya semacam hotpants kalo celana. saos tiram oke sih, tapi kalo pake kebanyakan tekor, kan mahal :p

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. aku lebih suka kalo pake kecap manis
    tapi dari fotona pasti enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kecap manis jadi agak manis gitu mas, jadi make kecap asin kalo kita, supaya tetep pedes

      Delete
  4. tulisannya asik dibaca bikin ketawa2 hahahah bukan bikin pengen masak. salam kenal ya JB

    ReplyDelete
    Replies
    1. :p aku kan pengen buat genre baru, genre masak hepihepi :p

      Delete
  5. Kalo liat orang masak, jadi pingin belajar masak nich

    ReplyDelete

Udah makan, bro?