#MalesMakan: Chicken Love!!!


Kemaren JB mosting resep kere. Tandanya sekarang harus cari resep keren. Biar seimbang aja si. Jadi, JB mencari lagi orang-orang yang suka masak untuk dijebak. Alhasil JB dapet target seorang pria yang kalo ga salah lagi S2 Parawisata di Jogja. Bukan, bukan backpacker kok. Konon katanya, sudah banyak juga yang menjadi korban dimabuk masakannya. Namanya Bang Nuran, si anak macan.

Bang Nuran ini kata temen-temennya sih jago masak. JB juga pas ngobrak-ngabrik laptopnya nemu macem-macem video masak. Bukan video masak yang kamu pikirin. Kayaknya sih dia suka yang semacam Gordon Ramsey, chef jago misuh. Tapi mungkin dia juga suka video chef seksi yang semacam Farrah Quinn. Coba kamu tanya sendiri aja deh.

Ah JB gasuka yang seksi gini. (sumber)
Oh iya. Lusa itu kan tanggal 25 Desember, dan artinya Libur Natal! Ya kalo di film-film biasanya natal turun salju, kalo disini mungkin bakal turun ujan. Salahnya kamu tinggal di Indonesia. Udah itu temen kosan kamu pada balik, sementara kamu gabisa balik gara-gara keabisan tiket. Tapi untungnya di kota masih ada gebetan kamu. Tapi sayangnya kamu terlalu cupu untuk ngajak jalan si dia. Ciyeh.

Supaya kamu ada alesan buat maen ama gebetan kamu pas malem natal, JB bakal bagi-bagi resep spesial natal buat kamu. Chicken Love! Bukan resep itu, ini resep masakan. Semacam signature dish-nya Abang Nuran. Iya kan bang?

*****

Si Abang Nuran bilang, karena ini masakan spesial natal, berarti makanannya harus manis dan dimakan bersama orang tercinta. Uhuk. Berarti kamu harus masak makanan manis dan dinikmati berdua ama gebetan kamu, biar makin sweet natalnya. Kalo kamu takut ditolak ama gebetan kamu, bilang aja temen kos pada mudik, dia pasti ngerti kok. Untuk resep ini kita menggunakan bahan yang spesial, jeruk sunkist!

Ini sunkist, bukan jeruk purut!
Tenang aja, ga cuma pake jeruk aja kok. Kalo jeruk doang namanya jadi Love Juice. Eh cocok jadi nama obat kuat tuh.

Colorfull abis warnanya, sevariatif kisah cinta kamu ya.
Awalnya yang paling penting adalah kamu harus membelah dada ayam untuk menghasilkan dua dada ayam yang sama besar dan berbentuk 'Love'. Ini dasar dalam pembuatan Chicken Love. Kemudian pipihkan dengan rolling pin. Tapi karena JB ga punya, jadi si abang make ulekan. Ga ada yang ngelarang kan?

Kalo saran JB sih dilapisin pake plastik bening dulu supaya ga muncrat.
Ketika kedua dada sudah dipipihkan, masukkan ke dalam mangkok besar. Jangan terlalu besar, tapi jangan kekecilan juga. Cari yang bisa ngeratain ayamnya dan bahan rendamannya. Diamkan selama 30 menit.

Gak kok kita ga make si drumstick. Etapi enak ya kayaknya.
Sambil nunggu, kamu mending siap-siapin bahan buat saos. Iya diiris-iris gitu.

Kayak lampu lalu-lintas ya warnanya. Asik banget.
Sekarang campurin bahan saos. Campur aduk perasan jeruk, tepung maizena, gula, garem, dan kaldu ayam. Kalo ga punya kaldu cair, bisa pake kaldu bubuk. Kalo ga ada bisa pake bumbu indomie ayam bawang. Tapi boong. Terus masukin deh irisan jeruknya.

Campur bahannya. Campur semuanya. Tapi jangan sampe jeruknya ancur sih.
Sekarang saatnya tumis menumis. Lelehin butter di dalem saucepan, kalo ga ada bisa pake margarin. Masukkan bawang bombay, tumis sampai wangi dan layu. Lanjut masukkin paprika, tumis juga ampe layu. Terakir, masukin cabe merah. Udah itu aja, gausah masukin yang aneh-aneh.

Baunya harum loh pas numis!
Masukkin deh campuran perasan sunkist. Masak sampai ngentel dan mendidih. Kalo kamu mau isinya kriuk, jangan lama-lama masaknya. Kalo suka yang lembut, masak agak lama juga ga masalah. Asal jangan sampe gosong aja sih.

Sampe sekentel ini. Sekentel otak kamu.
Saos udah mateng, boleh pindahin ke mana gitu, terserah kamu pokoknya. Sekarang campur rata telur dan tepung maizena. Terus campur ke ayam yang udah di rendem. Jangan dimakan oi. Belum mateng.

Sekali lagi, drumstick itu cuma untuk kebutuhan foto aja.
Balur si ayam ke tepung roti. Gelundungin gitu aja ampe kayak nugget. Kata si abang, kalo udah dibalur, masukin ke freezer supaya tepungnya nempel. Ga usah protes.

Ini bukan pisang goreng loh! Ga, ga ada drumstick kok.
Panasin minyak yang banyak dengan api sedang untuk deep frying. Terus masukkin deh ayamnya. Tungguin deh.

Pas digoreng usahain letaknya kayak love-love gitu yah. Biar keren aja sih.
Goreng sampai setiap sisi berwanrna golden brown. Kalo udah, bisa diangkat terus dikeringin pake paper towel. Tapi kalo kamu suka yang oily-oily boleh dimakan pake minyaknya. But, ew.

Ya walau ngegoreng hatinya sampe kebalik-balik, tapi hati kamu jangan mau di bolak-balik ya!
Sajikan Chicken Love dengan selimut saus sunkist. Boleh juga disajikan dengan pendamping nasi hangat. Tapi JB ga deh, ga level makan nasi. Biasanya JB makannya potato wedges ato mashed potato. Tsah.

(c) Nuranphotoworks. *uhuk*
Nah kalo udah gini kan malem natal kamu bakal lebih berkesan. Ga cuma kayak taun lalu yang cuma ngajak gebetan makan nasi telor aja. Etapi lama amat yah setaun tetep cuma digebet. Kayaknya kamu terjebak di friendzone deh.

Kalo kamu bosen ga ada bahan obrolan boleh gombalin gebetan kamu dikit-dikit. Tapi jangan 'eh makanan ini manis banget yah, gara-gara makan deket kamu kali ya', udah basi tau. Etapi, boleh juga kalo mau nembak sekalian. Ntar kalo udah dapet jawaban kabarin JB yah!

Memasak itu improvisasi. Kata Bang Nuran kemarin. Ya, dalam memasak tidak ada standar yang mengikat seperti dalam akuntansi. Improvisasi ini mungkin akan menggagalkan masakan kita, tapi jika kita melakukannya dengan tepat, maka bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan rasa yang jauh lebih enak dari dugaan kita.

Makasih buat Bang Nuran yang udah mau sharing signature dish-nya bersama JB. Pesan dari JB sih masak yang bener dengan sepenuh hati.

Seriously.. (foto asli)
Oh iya. Tanggal 22 kemarin Bang Nuran ulang tahun! Kayaknya gitu deh. JB doain makin lancar rejekinya dan cepet-cepet punya anak biar JB jadi om. Kita kan pengen jadi om-om biar bisa colek sana sini. Iya kan.

FYI, edisi berikutnya itu edisi Tahun Baru! Buat yang taun baru ga balik, boleh tuh masak bareng-bareng ama temen-temen yang ga balik juga. Siapa tau ada cewe imut ikutan terus bisa digebet deh! Okesip.

Anyho, sampai jumpa di #MalesMakan berikutnya dengan menu dan (mungkin) house chef baru!

*****


Chicken Love

Untuk 2 Porsi Normal

Bahan:
  • Dada Ayam 1 Buah (250gr)
  • Telur 1 buah
  • Tepung Maizena 2 sdm
  • Tepung Roti secukupnya
  • Minyak untuk deep frying

Bahan Rendaman:
  • Kecap Asin 4 sdm
  • Kecap Ikan 4 sdm
  • Kecap Inggris 2 sdm

Bahan Saos:
  • Perasan Sunkist 5 sdm
  • Irisan Sunkist 3 Iris
  • Kaldu Ayam 150 ml
  • Gula 3 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Tepung Maizena 1 sdm
  • Bawang Bombay 1/4 cup, iris
  • Paprika Hijau 1/2 cup, iris
  • Cabe Merah Besar 1 buah, iris
  • Butter 10 gr

Belah dada ayam menjadi dua bagian sama sisi dengan bentuk love. Cuci dan bersihkan, kemudian keringkan. Pipihkan ayam dengan rolling pin, kemudian letakkan ayam di dalam mangkuk, kemudian masukkan bahan rendaman. Diamkan selama 30 menit.
Setelah ayam selesai di marinasi, campur rata telur dan tepung maizena dalam mangkuk besar. Masukkan ayam ke campuran telur, kemudian balurkan ke tepung roti. Diamkan di freezer selama 3-5 menit. Kemudian deep fry dengan api sedang.
Campur rata perasan sunkist, kaldu ayam, gula, garam dan tepung maizena, kemudian masukan irisan sunkist. Tumis bawang bombay dengan butter. Jika sudah wangi, masukkan paprika, kemudian cabe merah. Ketika semua bahan sudah layu, masukkan campuran perasan sunkist. Masak sampai mendidih dan mengental.
Sajikan dengan menuangkan saos ke atas ayam sesuai selera. Dapat disajikan panas ataupun dingin dengan nasi.

*****

Nuran udah punya pawang, kamu jangan ngarep. JB taunya dia jago nulis. Tulisannya ada dimana-mana. Majalah musik lah, majalah perjalanan lah, blog kopi lah, dan kalo ga salah dia sampe bisa jalan-jalan keliling ke eropa gara-gara nulis. Kamu jangan berani nyepik, ntar digigit pawangnya. Mau tau siapa pawangnya? Kepo aja di @nuranwibisono. Awas ntar suka. JB ga nanggung ya.

2 Koments:

  1. liat itu! tatapan mata bang uyan sama mematikannya dengan tatapan ariel noah! #sumpahgakgagalfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati bisa jatuh hati kak. disenthong sama kak rani kalo kau macem macem.

      Delete

Udah makan, bro?