.fotografi, a prolouge

gya gya gya..
dah lama ga posting ni..
udah lama ga nulis jugag nii..
hihihi..

yasudah..
saya sharing aja sekarang..

karena kelihatanya hobi fotografi sedang mejamur..
para manusia membeli dslr layakya kacang..
sooooo..

skarang saia share tentang..
fotografi dasar ajah..
tapi berdasarkan yang gw tau ajah ya..
hihihi..


pertama..
foto..
apa itu??
sepertinya itu adalah sebuah gambar..
gambar dari apa?
dari yang kita poto..(ya iya lah)
......
tapi sebenernya prosesnya ituh adalah proses menembakan cahaya yang nantinya aka direkam di plat film yang ada di kamera..ggrrr...gmana ya bahasa yang bagusnya...

pokoknya ada cahaya masuk dari lensa.. trus cahaya itu bakal direkam di plat gitu deh..kalo di kamera analog (film), plat itu adalah film itu sendiri..kalo ga salah seperti itu..(kalo salah mohon benerin ya, ga open book ni soalnya ngepostnya..hihihi)

hmm..kan dah tau gmana proses mem-foto itu sendiri..
sekarang..
ada yang tau jenis-jenis kamera??
ya benar......
mungkin kalo saia sendiri baginya gini yah..
dasarnya cuma pengalaman yah..haha..

1. Kamera Hape
..gaperlu dijelasin kan?? pokonya kamera ini paling cocok buat narsis-an..hihihi.. apa lagi yag di hape saia Nokia 5700, bisa diputer kameranya..hihihi.. ga cocok buat traveler serius..

2. Kamera Kantong (Pocket Camera)

..kalo ini kamera yang biasanya bentuknya kotak gitu, rata rata setinganya auto semua, jadi udah easy photo, ga perlu mikiri tehnik, just point n shoot.. rata rata lensa bawaanya wide, dan ga bisa diganti.. harganya murah, kecil, ringan, cocok banget buat traveler..

3. Kamera Prosumer

.. model lebih advance dari pocket camera, bayak setinganya yang bisa di costumize, udah ada mode manualnya.. harganya relatif mahal, lensanya bervariasi, mulai dari wide ampe tele, tapi tetep ga bisa ganti lensa.. relatif kecil dan ringan.. cocok juga buat traveler yang mulai serius fotografi..

4. Kamera SLR (single lens reflect, ato iqbal bilang: 'CLR')

..model advance kamera, kalo anda tiggal di jogja, liat aja di pinggir jalan, pasti ada yang bawa, kelebihanya lensa bisa diganti ganti, modenya bisa full auto ampe full manual, kelemahanya berat dan besar.. mahal! tapi worth.. cocok buat traveler, tapi butuh perlindungan extra..hehe

5. Kamera TLR

..mungkin sama kayak rangefinder ya.. kalo SLR kan viewfindernya ama lensanya jadi satu.. kalo TLR ini viewfinder da lensa sendiri, jadi ada dua lensa gitu.. lensanya yang atas buat viewfinder, dan yang bawah buat ngerekam ke plat filmnya.. kelemahanya makin tele lensanya, maki ga akurat viewfinderya.. kelemahan lainya kamera jenis ini langka dan cukup mahal..bahkan lebih mahal dari SLR..

6. Kamera Medium Format dan Large format

..kurag ngerti..tapi yang pasti yang beda tu ukuran filmnya, kalo yang medium tu filnya lebih gde dari film yang biasa kita liat, dan yang large format filmnya gde sangat.. .. kalo ga salah, sebagian lomo tuh medium format..

7. Kamera Lubang Jarum(Pinhole Camera)

..kalo ini tu mbahnya kamera.. jadi kita buat kamera sendiri pake media apa aja, kacang, kotak korek, bahkan batu.. jadi kita cuma ngemanfaatin cahaya, lobang dan film.. jadi, bentuk, ukuran dari kamera lubang jarum bisa variasi tergantung variasi dari kita.. yang penting ada lobang buat cahaya masuk, dan ada fil untuk ngerekam cahaya..

okeh okeh..
udah tau jenis kameranya kan??
sekarang masuk ke dasar fotografi..
jadi dasar fotografi ni sama untuk semua kamera..
ga mesti SLR doang yaa..
okeeehh??

kalo menurut gw dasar memfoto ada tiga..
1. Exposure
..eksposure, mungkin bisa diterjemahkan sebagai cahaya.. jadi, gimana kita bisa memainkan cahaya supaya menghasilkan warna yang baik..
exposure ini juga ada rumusanya..
Exposure = Shutter Speed + Diagfrahma + ISO
..a. Shutter Speed
....shutter speed, adalah lamanya si kamera membuka cermin (cermin disini fungsinya tuk nutup plat dari cahaya), makin lama speednya, makin banyak cahaya yang masuk, begitu jugag sebaliknya..
..b. Diagfrahma
....diagfrahma, biasa disebut bukaan, makin besar angkanya, makin kecil bukaanya, artinya, makin sedikit cahaya yang masuk, begitu juga sebaliknya..
..c. ISO
....ISO, adalah kepekaan, kepekaan si plat film terhadap cahaya, makin kecil angkanya, makin nggak peka pelatnya, akibatnya cahaya terekam lebih lama, begitu juga sebaliknya.. tapi.. semakn besar ISO nya, semakin banyak titik mengganggu yang disebut grain/noise..
..Overall, kombinasi extrim untuk kalo cahaya dikit adalah shutter lama, diagfrahma bukaan besar, iso paling besar, begitu jugag sebaliknya.. pengaturan exposure yang kurang baik bisa meghasilkan foto yang gelap (underexposure) atau kelebihan cahaya (overexposure)..

2. Moment
..moment, adalah inti dari foto seorang fotografer jurnalistik.. momen bisa diartikan sebagai kejadian unik, yang akan kita jadikan bahan poto kita, misal: pertandingan sepak bola.. momen kadang terjadi hanya beberapa detik saja, contohnya: ketika pemain mentackle pemain lain di sepakbola, tak mungkin kejadian ini diulangi lagi..

3. Angle
..angle, atau dalam bahasa indonesia disebut sudut.. fotografer jurnalistik juga sangat memikirkan angle ini, kenapa? karena angle adalah sudut darimana kita memfoto, sebuah momen yang sama bisa meghasilkan cerita yang berbeda jika diambil dari sudut yang berbeda, yet, eksekusi penentuan angle inilah yang sangat berperan dalam cerita yang dikandung dalam foto..

....yah kayaknya cukup lah..
....ntar kayaknya yang tiga poin dasar fotografi ini bakal saia ulas lagi deh..menyenangkan ternyata ya sharing tentang fotografi..
....karena saya juga newbie, so, tmen tmen komen dan ngasi feedback dong..hehe

..thx for reading y,,

6 Koments:

  1. Iya nie, da lama gak nongol2....
    templatenya juga ganti....

    ReplyDelete
  2. @gurukincon: guru.. apakah info dari saya sudah benar?

    @deta: hehhehe.. iya ni, baru smpt nulis lg nih.. gw lagi di cilegon lo..hehhe..teplate lo jugag makin kren det..

    ReplyDelete
  3. makasih infonya Wan :)
    sangat2 membantu saya..hohoho

    ReplyDelete
  4. glad to hear that cha..

    ntar gw bahas agak dalam deh..
    bis ujian..
    hhehe

    ReplyDelete

Udah makan, bro?